(GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Analisis Profit And Loss Sharing Terhadap Sistem Bagi Hasil Pertanian (Studi Kasus Petani Padi di Desa Klorogan Kecamatan Geger Kabupaten Madiun)

Zayanah, Izyan (2021) (GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Analisis Profit And Loss Sharing Terhadap Sistem Bagi Hasil Pertanian (Studi Kasus Petani Padi di Desa Klorogan Kecamatan Geger Kabupaten Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717124_Izyan Zayanah_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Zayanah, Izyan. Analisis Profit and Loss Sharing Terhadap Sistem Bagi Hasil Pertanian (Studi Kasus Petani Padi di Desa Klorogan Kecamatan Geger Kabupaten Madiun). Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Iza Hanifuddin, Ph.D.

Kata kunci: Profit And Loss Sharing, Bagi Hasil

Salah satu bentuk penerapan ekonomi Islam adalah sistem bagi hasil. Ada tiga model sistem bagi hasil yaitu profit and loss sharing, profit sharing dan revenue sharing. Secara teori model PLS bidang pertanian menerapkan sikap keadilan. Bagi hasil yang dilakukan menguntungkan dan merugikan salah satu pihak. Bagi hasil tersebut memberatkan petani karena banyak dari mereka yang mengeluh atas kerja sama tersebut. Persoalan ini tidak selaras dengan prinsip profit and losss sharing secara teorotis adalah prinsip yang ideal, karena ada pembagian keuntungan dan kerugian yang adil
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan bagi hasil pertanian di Desa Klorogan. kasus-kasus dalam pelaksanaan bagi hasil pertanian dan bagaimana dampak kasus pelaksanaan bagi hasil terhadap perkembangan pola kerja sama dalam pertanian di Desa Klorogan, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Data primer melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat ditarik kesimpulan 1). Pelaksanaan bagi hasil pertanian di Desa Klorogan tidak imbang dan hanya memberatkan salah satu pihak, hal tersebut tidak adanya keadilan dalam prinsip berbagi untung dan berbagi rugi. 2). Kasus-kasus yang terjadi di dalam kerja sama bagi hasil yaitu batas waktu panen yang melampaui batas, hasil panen harus dijual pada pihak pemodal dengan konsekuensi pembayaran ditunda, penggenapan angka dalam penimbangan, dan kerugian yang diakibatkan ditanggung oleh pihak petani. 3). Dampak kasus pelaksanaan bagi hasil terhadap perkembangan pola kerja sama dalam pertanian mempunyai dampak positif dan negatif. Dampak positif yang dirasakan yaitu terbantunya permodalan petani dalam mengolah lahan pertanian sedangkan dampak negatif yang dirasakan petani yaitu merasa terpaksa dan malas dalam menjalankan kerja sama, menyebabkan ketergantungan dengan pihak pemodal dan pemutusan kontrak dengan pihak pemodal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: IZA HANIFUDDIN, Ph.D.
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 May 2021 01:20
Last Modified: 04 May 2021 01:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13131

Actions (login required)

View Item View Item