Analisis Tingkat Pemahaman dan Respon Masyarakat tentang Bank Mitra Syariah (Studi Kasus di Karangagung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban)

Sari, Fasholatul Melisa (2021) Analisis Tingkat Pemahaman dan Respon Masyarakat tentang Bank Mitra Syariah (Studi Kasus di Karangagung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210816162_Fasholatul Melisa_Perbankan Syariah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Pemahaman Masyarakat, Respon Masyarakat, Bank Pengkreditan
Rakyat Syariah
Salah satu pemicu perkembangan perbankan syariah adalah mayoritas
masyarakat Indonesia yang beragama Islam serta adanya kesadaran mereka untuk
berperilaku secara Islami termasuk dalam bidang ekonomi. Bank Mitra Syariah kas
Palang merupakan satu-satunya bank syariah di Desa Karangagung Kecamatan
Palang yang mayoritas masyarakatnya Islam, Bank Mitra Syariah di Karangagung
telah berupaya melakukan sosialisasi, akan tetapi pengetahuan dan pemahaman
masyarakat Desa Karangagung terhadap perbankan syariah masih awam, sehingga
lembaga keuangan syariah masih dianggap sebelah mata oleh masyarakat. Dari sini
peneliti tertarik untuk mengkaji lebih lanjut mengenai tingkat pemahaman dan
respon masyarakat Desa karangagung tentang bank syariah khususnya Bank Mitra
Syariah Kas Palang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana tingkat pemahaman dan respon masyarakat tentang Bank Mitra Syariah
di Karangagung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan
menggunakan metode penelitian kualitatif diskriptif. Adapun sumber data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang peneliti peroleh secara
langsung dari masyarakat Desa Karangagung dan pihak bank Mitra Syariah Kas
Palang Subjek penelitian ini adalah masyarakat Desa Karangagung Kecamatan
Palang Kabupaten Tuban dan Bank Mitra Syariah Kas Palang. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan Teknik
wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa pemahaman masyarakat di Desa
Karangagung mengenai Bank Mitra Syariah kas Palang masih kurang dan memiliki
tingkat respon yang berbeda-beda. Hal tersebut dikarenakan masyarakat kurang
mendapatkan sosialisasi dan informasi dari pihak Bank Mitra Syariah kas Palang
yang selama ini prioritasnya hanya diruang lingkup pasar, sehingga perlu
meningkatkan upaya sosialisasi, edukasi serta promosi tentang perbankan syariah
secara menyeluruh kepada masyarakat Desa Karangagung.

Item Type: Thesis (Other)
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 May 2021 01:14
Last Modified: 04 May 2021 01:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13129

Actions (login required)

View Item View Item