Analisis Kebijakan Restrukturisasi Dalam Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Bank BRI Syariah KCP Ngawi)

Sundari, Tri (2021) Analisis Kebijakan Restrukturisasi Dalam Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Bank BRI Syariah KCP Ngawi). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TRI SUNDARI_210817031_PS A.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sundari, Tri. 2021. Analisis Kebijakan Restrukturisasi Dalam Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Pada Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus Bank BRI Syariah KCP Ngawi. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Muhtadin Amri, M.S.Ak.

Kata Kunci: Pembiayaan Bermasalah, Rescheduling, Reconditioning.

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang menyebabkan pembiayaan bermasalah di Bank BRI Syariah KCP Ngawi pada masa pandemi covid-19 dan untuk mengetahui dan menganalisis kebijakan restrukturisasi dalam penyelesaian pembiayaan bermasalah pada masa pandemi covid-19 di Bank BRI Syariah KCP Ngawi. Manfaat penelitian ini bagi penulis, untuk menambah wawasan tentang analisis kebijakan restrukturisasi dalam penyelesaian pembiayaan bermasalah dan meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam menganalisa suatu penelitian, sedangkan bagi bank, hasil penelitian dapat dijadikan sebagai bahan masukan dalam mengambil langkah-langkah perbankan agar mengalami kemajuan pada masa mendatang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu dengan penelitian lapangan. Metode pengumpulan data melalui interview dan dokumentasi, untuk mendapatkan data tentang analisis kebijakan restrukturisasi dalam penyelesaian pembiayaan bermasalah pada masa pandemi covid-19 di Bank BRI Syariah KCP Ngawi, setelah data terkumpul maka peneliti menganalisisnya dengan analisis data menggunakan metode analisis deskriptif.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa faktor yang menyebabkan terjadinya pembiayaan bermasalah di Bank BRI Syariah KCP Ngawi pada tiga tahun terakhir ini disebabkan faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal yaitu dari bank itu sendiri dikarena bank kurang pemahaman terhadap bisnis nasabah pembiayaan, sedangkan faktor eksternal yang dilakukan oleh nasabah pembiayaan yang terjadi karena ketidak mampuan nasabah dalam memenuhi kewajibannya. Pembiayaan bermasalah di Bank BRI Syariah KCP Ngawi tergolong dalam perhatian kusus, kurang lancar, diragukan dan macet. Pada tahun 2018 pembiayaan bermasalah sebanyak 38 nasabah, di restrukturisasi sebanyak 12 nasabah. Pada tahun 2019 pembiayaan bermasalah sebanyak 23 nasabah, di restrukturisasi sebanyak 9 nasabah dan pada tahun 2020 pembiayaan bermasalah sebanyak 52 nasabah, di restrukturisasi sebanyak 34 nasabah. Kebijakan restrukturisasi adalah upaya yang dilakukan bank dalam rangka membantu nasabah agar dapat menyelesaikan kewajibannya kepada bank. Restrukturisasi yang digunakan oleh Bank BRI Syariah KCP Ngawi berupa rescheduling dan reconditioning.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhtadin Amri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 May 2021 01:16
Last Modified: 04 May 2021 01:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13126

Actions (login required)

View Item View Item