analisis efektivitas hukum terhadap bimbingan perkawinan pranikah bagi calon pengantin di lingkungan kementerian agama kabupaten ponorogo

amalia, puteri (2021) analisis efektivitas hukum terhadap bimbingan perkawinan pranikah bagi calon pengantin di lingkungan kementerian agama kabupaten ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
Skripsi Puteri Amalia-Etheses.pdf

Download (7MB)

Abstract

Perkawinan Pranikah Bagi Calon Pengantin Di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syraiah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Martha Eri Safira, M.H.

Kata Kunci/Keyword: Bimbingan, Efektivitas, Reproduksi, Generasi,
Bimbingan Perkawinan Pranikah Bagi Calon Pengantin merupakan upaya yang dilakukan oleh Kementerian Agama melalui Keputusan Dirjen Bimas Islam No. 379 Tahun 2018 sebagai bentuk penguatan persiapan perkawinan yang diorientasikan pada pengetahuan, kemampuan pasangan calon pengantin dalam mengelola konflik dan menghadapi tantangan kehidupan global. Menurut teori Efektivitas Hukum kesadaran hukum masyarakat menjadi faktor utama penentu efektifitasnya suatu hukum. Faktor masyarakat yang dimaksud adalah pemahaman peserta atas materi yang diberikan menjadi tolak ukur keberhasilan dari program bimbingan perkawinan pranikah bagi calon pengantin
Adapun pokok permasalahanya sebagai berikut: 1. Bagaimana analisis Efektivitas Hukum terhadap pemahaman peserta bimbingan perkawinan pranikah bagi calon pengantin di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo mengenai kesehatan reproduksi? 2. Bagaimana analisis Efektivitas Hukum terhadap pemahaman peserta bimbingan pekawinan pranikah bagi calon pengantin di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo dalam mewujudkan generasi berkualitas?
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) di Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo. Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan empiris. Sedangkan metode yang digunakan adalah dengan wawancara, dokumentasi dan kemudian dilakukan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan penulis adalah bahwa Pemahaman peserta calon pengantin mengenai materi kesehatan reproduksi yang dilaksanakan di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo sudah cukup baik. Kesehatan reproduksi tidak hanya sebatas menjaga dan merawat organ reproduksi saja tetapi banyak hal yang terkandung di dalamnya. Sedangkan pemahaman peserta calon pengantin mengenai materi mewujudakn generasi berkualitas sudah sesuai dengan materi yang yang diberikan oleh fasilitator maupun yang terdapat dalam buku pedoman. Mereka sudah memiliki gambaran dan perencanaan dalam mendidik anak. Serta memiliki kesiapan mental berperan sebagai orang tua yang ideal untuk anaknya kelak. Sehingga dengan efektivitas pemahaman tersebut dapat menimbulkan kesadaran hukum di tengah masyarakat akan penting dan manfaat dari adanya Bimbingan Perkawinan Pranikah Bagi Calon Pengantin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: martha eri safira
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 May 2021 06:00
Last Modified: 03 May 2021 06:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13118

Actions (login required)

View Item View Item