Analisis Rekrutmen dan Seleksi Karyawan Bank Syariah Indonesia 2 KCP Ngawi

Lestari, Alfina Wahyu (2021) Analisis Rekrutmen dan Seleksi Karyawan Bank Syariah Indonesia 2 KCP Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Lestari, Alfina Wahyu (2021).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lestari, Alfina Wahyu. Analisis Rekrutmen dan Seleksi Karyawan Bank Syariah Indonesia 2 KCP Ngawi. Skripsi. 2021. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Tiara Widya Antikasari, M.M.
Kata Kunci: Organisasi, Karyawan, Tahapan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya sumber rekrutmen karyawan yang digunakan dan penyebaran lowongan pekerjaan disebarkan melalui karyawan perusahaan dan media sodial. Sehingga pelamar yang melamar tidak mencapai target yang diinginkan dalam hal jumlah maupun kualifikasinya. Hal ini membuat kurang maksimalnya proses rekrutmen karyawan. Pelaksananaan seleksi karyawan juga dilakukan di dua tempat sehingga proses seleksi menjadi kurang efektif karena membutuhkan waktu yang lama dan pihak bank juga tidak memberitahu tentang berapa lama waktu seleksi pada akhirnya calon karyawan melamar di tempat lain.
Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara yang dilakukan dengan Branch Manager danBranch Operational and Service Manager di BSI 2 KCP Ngawi. Setelah data diperoleh, kemudian dianalisa menggunakan metode deduktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terbatasnya sumber rekrutmen karyawan yang digunakan dalam rekrutmen karyawan menyebabkan calon pelamar yang masuk tidak mencapai target jumlah dan kualifikasi sehingga untuk menghindari dilakukannya rekrutmen ulang maka memilih calon karyawan yang ada meskipun tidak sepenuhnya memenuhi kualifikasi.Seleksi karyawan dilakukan di dua tempat, sehingga proses seleksi karyawan lebih lama dilakukan. Oleh karena itu, BSI 2 KCP Ngawi pada saat rekrutmen karyawan menggunakan sumber yang lain dan melakukan penyebaran informasi lowongan kerja lebih luas lagi. Seleksi karyawan sebaiknya ditentukan berapa lama proses seleksi sehingga calon karyawan menunggu hasil keputusan seleksi dan tidak melamar kerja di tempat lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tiara Widya Antikasari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 May 2021 07:34
Last Modified: 03 May 2021 07:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13112

Actions (login required)

View Item View Item