STRATEGI PEMASARAN PRODUK BERAS BERBASIS SYARIAH (Studi pada Koperasi Produsen Makmur Sentosa Kabupaten Ponorogo)

Ekasari, Lia (2021) STRATEGI PEMASARAN PRODUK BERAS BERBASIS SYARIAH (Studi pada Koperasi Produsen Makmur Sentosa Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717029_Lia Ekasari_Ekonomi Syariah-1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ekasari, Lia. 2021. Strategi Pemasaran Produk Beras Berbasis Syariah (Studi pada Koperasi Produsen Makmur Sentosa Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Muchtim Humaidi, M.IRKH.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Berbasis Syariah.
Dalam proses penjualan bauran pemasaran syariah merupakan faktor penting untuk menghasilkan pangsa pasar yang konsisten guna meningkatkan volume penjualan dan menghasilkan laba secara maksimal. Koperasi Produsen Makmur Sentosa sudah melaksankan bauran pemasaran baik konvensional maupun syariah. Produk halal, berkwalitas baik, bermanfaat bagi orang banyak, harga sesuai pasar, distribusi dilakukan secara langsung dan tidak langsung, promosi terus dilakukan, pelaku usaha berlaku jujur, bertanggung jawab, sabar, menepati janji, dan memenuhi bukti fisik. Akan tetapi, volume penjualan belum naik secara signifikan dan malah cenderung menurun.
Dari latar belakang tersebut peneliti menggunakan rumusan masalah: pertama, bagaimana strategi pemasaran produk beras berbasis syariah pada Koperasi Produsen Makmur Sentosa Kabupaten Ponorogo? kedua, bagaimana kendala strategi pemasaran produk beras berbasis syariah pada Koperasi Produsen Makmur Sentosa Kabupaten Ponorogo? ketiga, bagaimana dampak strategi pemasaran produk beras berbasis syariah pada Koperasi Produsen Makmur Sentosa Kabupaten Ponorogo?
Penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif dengan jenis field research. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitin dianalisis dengan metode deduktif.
Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, dapat disimpulkan bahwa: pertama, strategi pemasaran produk beras berbasis syariah pada koperasi variabel harga, promosi, tempat, sifat marketer muslim sabar, manusia jujur dan bertanggungjawab, bisnis berorientasi kepada pelanggan sudah terimplementasikan. Sedangkan label produk belum akurat, dalam proses belum menghargai waktu, bukti fisik fasilitas interior dan eksterior belum terpenuhi, dan janji kadang belum ditepati. Kedua, kendala strategi pemasaran produk beras berbasis syariah yang dihadapi yaitu; harga fluktuatif karena bahan baku tidak stabil, promosi belum maksimal, tempat dan distribusi terkendala faktor internal dan eksternal, proses pelayanan terkendala ketepatan waktu dan karakter pribadi pengurus, minimnya pengetahuan bukti fisik, kendala diluar dugaan dalam menepati janji, dan sifat manusia yang selalu tidak puas terhadap produk. Ketiga strategi pemasaran produk beras berbasis syariah pada koperasi berdampak positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MUCHTIM HUMAIDI
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 May 2021 04:07
Last Modified: 03 May 2021 04:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13107

Actions (login required)

View Item View Item