Pengaruh Deposito Mudharabah, Ekuitas dan Size Terhadap Return On Asset Pada Bank BNI Syariah Periode 2012 - 2019

Putri, Deby Marlistyawati (2021) Pengaruh Deposito Mudharabah, Ekuitas dan Size Terhadap Return On Asset Pada Bank BNI Syariah Periode 2012 - 2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210817236_Deby M.Putri_PS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Putri, Deby Marlistyawati. 2021.Pengaruh Deposito Mudharbah, Ekuitas, Dan Size Terhadap Return On Asset Pada Bank BNI Syariah Periode Tahun 2012 – 2019. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Maulida Nurhidayati, M.Si.
Kata Kunci : ROA, Deposito Mudharabah, Ekuitas, Size
Return On Asset merupakan rasio yang menunjukkan kisaran besar laba bersih yang diperoleh perusahaan bila dilakukan pengukuran berdasarkan dari nilai aktiva. Assets atau aktiva sebagai alat pengukuran didapat dari seluruh harta perusahaan dari modal sendiri ataupun modal dari pihak luar. Selanjutnya modal sudah dikonversi atau diperbaiki sesuai kebutuhan menjadi aktiva agar perusahaan berlanjut serta memiliki taraf kemajuan. Data yang dikumpulkan Return On Asset bank BNI Syariah bukan kategori terendah tetapi menunjukkan performasi yang kurang baik. Jika hal ini berlangsung maka berdampak buruk bagi bank yang berujung kerugian besar. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh deposito mudharabah, ekuitas, dan size terhadap Return On Asset pada Bank BNI Syariah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan data sekunder berupa data triwulan yang dipublikasikan oleh BNI, OJK dan BI. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah deposito mudharabah, ekuitas dan size. Sedangkan variabel dependen adalah ROA. Teknik analisis data dilakukan dengan Error Correction Model (ECM) dengan tingkat signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa deposito mudharabah pada jangka pendek maupun jangka panjang tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA. Ekuitas dalam jangka pendek maupun jangka panjang tidak berpengaruh terhadap ROA. Size dalam jangka pendek tidak berpengaruh tetapi dalam jangka panjang berpengaruh terhadap ROA. Artinya size mengalami kenaikan, maka nilai Return On Asset mengalami kenaikan. Size mengalami kenaikan 1 milyar rupiah, maka nilai Return On Asset mengalami kenaikan 0,05% dengan asumsi variabel yang lain tetap. Secara simultan dalam jangka pendek deposito mudharabah, ekuitas dan size berpengaruh signifikan terhadap ROA dengan 31,74%. Sedangkan jangka panjang berpengaruh signifikan dengan R2 sebesar 49,15%. Hasil penelitian, hanya size dalam jangka panjang yang berpengaruh terhadap ROA, maka Bank BNI Syariah harus memperhatikan perubahan pada size atau asset. Untuk deposito dan ekuitas pihak bank lebih meningkatkan daya minat nasabah, memperluas pangsa pasar atau market share yang tidak terpaku terhadap UMKM melainkan membuka kesempatan lebih luas terhadap unit usaha skala lebih besar dan memperluas kepada masyarakat umum lainnya, penggunaan media promosi sesuai era digital sekreatif dan semenarik dalam tampilan media sosial. Menaikkan nilai dari invesment turnover dengan menekan jumlah fixed assets dan working capital yang meliputi cash, account receivable dan inventory yang dimiliki perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Maulida Nurhidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 May 2021 02:08
Last Modified: 03 May 2021 02:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13091

Actions (login required)

View Item View Item