..(GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI)..Peran Pendidikan Ekstrakurikuler Kaligrafi Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Al-Qur’an Menggunakan Khat Riq’ah Di MA YP KH Syamsyudin Durisawo Ponorogo

Arifin, Yuda Ma'ruf (2021) ..(GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI)..Peran Pendidikan Ekstrakurikuler Kaligrafi Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Al-Qur’an Menggunakan Khat Riq’ah Di MA YP KH Syamsyudin Durisawo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316352_YUDA MA'RUF ARIFIN_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Arifin, Yuda Ma’ruf. 2020. Peran Pendidikan Ekstrakurikuler Kaligrafi Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Al-Qur’an Menggunakan Khat Riq’ah Di Ma Yp Kh Syamsyudin Durisawo Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Kayis Fithri Ajhuri.
Kata Kunci: Ekstrakurikuler kaligrafi, Keterampilan Menulis Al-Qur’an.

Dalam pendidikan ekstrakurikuler kaligrafi ini peneliti ingin memberikan peningkatan kepada siswa MA YP KH SYAMSYUDIN DURISAWO. Dalam kegiatan ini peneliti dan pihak dari sekolah bekerjasama memberikan materi dan pengajaran yang baru, yaitu memberikan pengajaran kaligrafi dengan khat ri’ah. Peneliti menemukan keganjalan karna banyaknya siswa yang berbakat, akan tetapi kurangnya peminatan dalam mengikuti kegiatan ekstra kurikuler tersebut dan perlu mendapatkan bimbingan yang lebih agar menjadi siswa yang berprestasi. Disini peneliti ingin memberikan wawasan terbaru dalam kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi yaitu menulis dengan menggunakan khat riq’ah.
Berangkat dari latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan kegiatan pendidikan ekstrakurikuler kaligrafi Arab dalam meningkatkan keterampilan menulis Al-Qur’an, peran pendidikan ekstrakurikuler kaligrafi Arab dalam meningkatkan keterampilan menulis Al- Qur’an, kendala-kendala yang dihadapi dan upaya-upaya yang dilakukan pembina pendidikan ekstrakurikuler kaligrafi Arab dalam meningkatkan keterampilan menulis Al-Qur’an di MA Yp Kh Syamsyudin Durisawo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitataif. Dengan mendeskripsikan hasil penelitian dan memaparkan data apa adanya sesuai hasil temuan di lapangan. Untuk memperoleh data atau informasi-informasi yang relevan dengan masalah yang dicari. Peneliti menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil temuan tersebut dapat diketahui bahwa proses pelaksanaan ekstrakurikuler kaligrafi dilakukan dengan sistematis, langkah-langkah tersebut (1) Mempersiapkan alat menulis, dan (2) Melakukan Pembinaan. Selain itu peran ekstrakurikuler kaligrafi dapat meningkatkan keterampilan menulis Al-Qur’an siswa Ma Yp Kh Syamsyudin Durisawo: (1) Sebagai Kegiatan pengembangan bakat seni menulis Al-Qur’an. Melalui latihan dan pembinaan yang membetuk keterampilan menulis Al-Qur’an siswa. Dalam menjalankan tugas sebagai Pembina pendidikan ekstrakurikuler kaligrafi maka ada upaya-upaya yang dilakukan pembina yaitu (1) memotivasi (2) memberikan hadiah atau reward (3) selain itu ada juga hal-hal yang menjadi kendala-kendala Pembina yaitu (1) Kendala yang ada pada pembina dan siswa, dan b) Kurangnya sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayis Fithri Ajhuri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 May 2021 02:07
Last Modified: 03 May 2021 02:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13090

Actions (login required)

View Item View Item