Tinjauan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf Terhadap Kapasitas Nazir Dalam Pengelolaan Wakaf (Studi Kasus Di Desa Rejomulyo Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi

Puspita, Siska Amelia (2021) Tinjauan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf Terhadap Kapasitas Nazir Dalam Pengelolaan Wakaf (Studi Kasus Di Desa Rejomulyo Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRPSI UPLOAD.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Puspita, Siska Amelia, 2021. Tinjauan Undang-Undang No. 41 tahun 2004 tentang Wakaf terhadap Kapasitas Nazir dalam Pengelolaan Wakaf (Studi Kasus di Desa Rejomulyo Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi). Skripsi, Jurusan Hukum Keluarga Islam Institut Agama Islam (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Miftahul Huda, M.Ag
Kata kunci: Kapasitas Nazir, Tugas Nazir
Kapasitas nazir merupakan kemampuan, kompeten, profesional nazir terhadap implementasi personal nazir serta tugas dan fungsi nazir. Nazir wakaf merupakan seseorang yang diberikan kepercayaan untuk mengurus dan mengelola harta benda wakaf sesuai dengan tujuan, fungsi dan peruntukan wakaf. Diharapkan adanya nazir wakaf yang profesional dan kompeten dalam pengelolaan wakaf maka harta benda wakaf akan mensejahterakan ekonomi umat dan secara pengelolaan dapat berjalan secara maksimal sesuai Undang-undang No. 41 tahun 2004 tentang Wakaf khusunya pada BAB V Pengelolaan dan Pengembangan Harta Benda Wakaf.
Rumusan masalah yang diangkat berdasarkan latarbelakang diatas adalah (1) Bagaimana tinjauan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf terhadap eksistensi nazir di Desa Rejomulyo Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi.(2).Bagaimana tinjauan Undang-undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf terhadap Tugas Nazir dalam Pengelolaan Wakaf di Desa Rejomulyo Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi .
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research). Sedangkan pendekatan yang peneliti gunakan pada penelitian skripsi ini adalah pendekatan normatif atau pendekatan doktrinal yaitu penelitian hukum jenis ini yang dikonsepkan sebagai apa saja yang tertulis pada peraturan perundang-undangan atau hukum dikonsepkan sebagai kaidah atau norma yang merupakan patokan dalam berperilaku manusia yang dianggap pantas. Sedangkan tehnik pengumpulan data menggunaka observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Nazir wakaf di Desa Rejomulyo Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi telah absah menjadi nazir perseorangan sesuai dengan Pasal 10 Undang-undang No. 41 tahun 2004 tentang Wakaf. Akan tetapi, nazir wakaf di Desa Rejomulyo dalam masalah masa bakti serta pemberhentian nazir belum sesuai.Kemudian,dalam pengelolaan wakaf telah dilakukan sesuai dengan peruntukan wakaf yaitu untuk tempat ibadah. Namun dalam segi pengelolaan pada BAB V Pengelolaan dan Pengembangan Harta Benda Wakaf dalam hal pergantian dan pemberhentian nazir belum dilaksanakan secara resmi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Miftahul Huda
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Apr 2021 06:26
Last Modified: 30 Apr 2021 06:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13086

Actions (login required)

View Item View Item