analisis penetapan harga produk tabungan ib hijrah dan dampaknya terhadap minat nasabah menabung di bank muamalat kcp ponorogo

Wijayanti, Tutut (2021) analisis penetapan harga produk tabungan ib hijrah dan dampaknya terhadap minat nasabah menabung di bank muamalat kcp ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Tutut Wijayanti_210817160.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi dalam penelitian ini mengenai kurangnya perhatian nasabah terhadap harga /tarif Tabungan iB Hijrah dalam minat mereka menabung. Hal ini diketahui dari wawancara terhadap nasabah yang menyatakan bahwa nasabah menabung dikarenakan kebutuhan nasabah dan dikarenakan terdapat porsi haji dalam tabungan tersebut. Hal tersebut berbanding terbalik yang seharusnya nasabah berminat menabung setelah mengetahui harganya yang ekonomis. Sehingga dapat dirumuskan masalah yaitu Bagaimana penetapan harga produk Tabungan iB Hijrah di Bank Muamalat KCP Ponorogo dan Bagaimana dampak penetapan harga produk Tabungan iB Hijrah terhadap minat nasabah menabung di Bank Muamalat KCP Ponorogo.
Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer yaitu wawancara terhadap karyawan dan nasabah tabungan iB Hijrah di Bank Muamalat KCP Ponorogo. Teknik pengumpulan data melalui wawancara/angket, observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan (conclusion), teknik analisa data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, teknik keabsahan data menggunakan creadibility, transferability, dependability dan confirmability.
Kesimpulan dari penetapan harga oleh Bank Muamalat KCP Ponorogo memiliki tujuan untuk menarik masyarakat menabung. Dalam menetapkan harga produk bank muamalat perlu memperkirakan biaya-biaya agar harga produk dapat menutupi biaya tersebut. Dalam penawaran harga Bank Muamalat KCP Ponorogo menerapkan metode penetapan yang menitikberatkan pada harga pasar wajar bank syariah sejenis. Keinginan/minat nasabah dalam menabung pada Tabungan iB Hijrah juga didasari oleh penetapan harga produk yang ditetapkan oleh pihak Bank Muamalat KCP Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yunaita Rahmawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Apr 2021 08:37
Last Modified: 29 Apr 2021 08:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13064

Actions (login required)

View Item View Item