kesadaran hukum masyarakat terhadap sertifikasi tanah wakaf di kecamatan jambon kabupaten ponorogo

Cahyono, Bambang Hadi (2021) kesadaran hukum masyarakat terhadap sertifikasi tanah wakaf di kecamatan jambon kabupaten ponorogo. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
Uploaddd-converted.pdf

Download (1MB)

Abstract

KESADARAN HUKUM MASYARAKAT TERHADAP SERTIFIKASI TANAH WAKAF DI KECAMATAN JAMBON KABUPATEN PONOROGO
ABSTRAK
Tanah wakaf di kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo masih banyak yang belum bersertifikat. Dari 199 bidang tanah wakaf yang ada, baru sebanyak 34 bidang yang sudah bersertifikat, sedangkan sisanya 165 bidang belum bersertifikat. Padahal tanah wakaf yang belum bersertifikat berpotensi menimbulkan berbagai masalah.. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). yang bertujuan untuk mencari tau mengapa tanah wakaf di kecamatan Jambon kabupaten Ponorogo masih banyak yang belum tersertifikasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan metode penalaran deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa pemahaman masyarakat terhadap sertifikasi tanah wakaf masih rendah. Mereka beranggapan tanah yang sudah diwakafkan tidak mungkin ada permasalahan, terlebih wakaf yang ada di desa. Tanah wakaf di kecamatan Jambon masih sedikit yang disertifikasi dikarenakan kesadaran hukum masyarakat yang masih rendah. Hal ini akibat kurangnya pengetahuan dan pemahaman hukum dari nadzhir, wakif, maupun maukuf alaih. Hal ini berimplikasi pada tanah wakaf yang belum bersertifikat dapat ditarik kembali oleh ahli waris. Selain itu, secara hukum tanah wakaf menjadi tidak jelas karena tidak mempunyai kekuatan hukum. Nadzhir tidak bisa mengelola dengan maksimal sehingga tanah wakaf menjadi terbengkalai serta penjualan tanah wakaf oleh ahli waris tanpa sepengetahuan nazdhir.
Kata Kunci: Kesadaran Hukum Masyarakat, Sertifikasi, Tanah Wakaf

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Miftahul Huda
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Apr 2021 08:34
Last Modified: 29 Apr 2021 08:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13055

Actions (login required)

View Item View Item