Pendistribusian Dana Zakat di LAZISNU Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo (Analisis Manajemen Strategi)

Rosa, Salisa Zuaminatul (2021) Pendistribusian Dana Zakat di LAZISNU Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo (Analisis Manajemen Strategi). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Publikasi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rosa, Salisa Zuaminatul. Pendistribusian Dana Zakat di LAZISNU Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo (Analisis Manajemen Strategi). Skripsi. 2021. Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Tiara Widya Antikasari, M. M.

Kata kunci: Pendistribusian, zakat, strategi.

Pendistribusian dana zakat merupakan pembagian hasil pengumpulan dana zakat kepada orang yang berhak menerimanya yaitu ke 8 ashnaf. Menurut teori, keberhasilan tujuan zakat sangat bergantung pada pemanfaatan dan pendayagunaannya.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi masalah yang dihadapi dalam pendistribusian dana zakat di LAZISNU Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu melakukan pengamatan dalam pendistribusian dana zakat menggunakan analisis manajemen strategi di LAZISNU Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo.
Menurut teori dari J. David Hunger dan Thomas L. Wheelen, tahapan manajemen strategi yaitu pengamatan lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi, evaluasi dan pengendalian. Hasil penelitian menunjukkan, tahapan pengamatan lingkungan menggunakan analisis SWOT. Tahapan perencanaan berupa adanya visi, misi, tujuan, pengembangan strategi dan kebijakan. Tahapan implementasi atau pelaksanaan dengan penerapan program-program yaitu program fakir miskin dan program fii sabilillah. Terakhir tahapan evaluasi dan pengendalian dilakukan dengan evaluasi rutin setiap satu bulan sekali namun pengendalian masih kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tiara Widya Antikasari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Apr 2021 01:31
Last Modified: 29 Apr 2021 01:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13046

Actions (login required)

View Item View Item