(UPLOAD ULANG, LENGKAPI PERSETUJUAN PUBLIKASI (UNDUH FORM DI WEB PERPUS, LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN HARUS ADA STEMPEL)...Program Kemitraan dalam Peningkatan Daya Saing Madrasah (Studi Kasus di Madin Ali Adam Coper Jetis Ponorogo)

Rachmawati, Ani (2021) (UPLOAD ULANG, LENGKAPI PERSETUJUAN PUBLIKASI (UNDUH FORM DI WEB PERPUS, LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN HARUS ADA STEMPEL)...Program Kemitraan dalam Peningkatan Daya Saing Madrasah (Studi Kasus di Madin Ali Adam Coper Jetis Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Ani Rachmawati-MPI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rachmawati, Ani, 2021. Program Kemitraan dalam Peningkatan Daya Saing Madrasah (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Ali Adam Copr Jetis Ponorogo). Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pasca Sarjana, Institut Agama Islam Negerei (IAIN) Ponorogo. Pembimbin: Dr. Abid Rohmanu, M. H. I.

Kata kunci : Program kemitraan, Peningkatan daya saing.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya mutu pendidikan di Indonesia yang salah satu penyebabnya adalah masih kurangnya program-program kemitraan dalam pendidikan. Madrasah diniyah sebagai lembaga pendidikan yang berbasis keagamaan tengah berupaya melakukan berbagai program strategis agar tidak tertinggal dengan kemajuan lembaga lainnya. Kerjasama kemitraan diperlukan dalam upaya menumbuh kembangkan jaringan guna meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di madrasah diniyah. Madin Ali Adam Coper Jetis Ponorogo memiliki inisiatif untuk meningkatkan daya saing lembaganya dengan membuat program kemitraan dengan lembaga pendidikan umum non formal yakni Bimbel Four F4st.
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menjelaskan pelaksanaan program kemitraan di Madin Ali Adam, (2) untuk menjelaskan prinsip dan nilai-nilai kemitraan di Madin Ali Adam, (3) untuk menjelaskan dampak program kemitraan terhadap daya saing Madin Ali Adam.
Penelitian ini mnggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah single case study yakni penelitian yang digunakan untuk satu kasus/tempat atau subjek studi yang memiliki social situation unik. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik : wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis menurut tokoh Miles Matthew dan A. Michael Huberman yang meliputi kegiatan : selecting social situation, doing participant observation, making an ethnographic record, making descriptive observation, making domain analysis.
Berdasarkan proses pengumpulan dan analisis data, hasil penelitian ini adalah : (1) Praktik kemitraan di Madin Ali Adam mengarah kepada tiga fokusutama yakni perubahan paradigma masyarakat tentang pendidikan, pertumbuhan yang menguntungkan lembaga, membuat perbedaan dari lembaga-lembaga lain. (2) Prinsip kemitraan di Madin Ali Adam adalah saling percaya dan setia, jujur, adil dan berintegritas, kesamaan hak, kesejajaran dan saling menghargai, pelayanan unggul dan perkembangan yang berkesinambungan. Sedangkan nilai-nilai kemitraan di Madin Ali Adam adalah: a) kepemimpinan, b) kepuasan pelanggan, c) kecakapan stakeholder, d) inovasi dan teknologi, e) kerjasama tim, dan f) perkembangan yang berkesinambungan. (3) Prinsipdan nilai-nilai yangditerapkan Madin Ali Adam dalam pelaksanaan program kemitraan berdampak positif terhadap peningkatan daya saing madrasah. Indikator keberhasilan daya saing Madin Ali Adam dapat dilihat dari : a) Kualitas dan keunggulan produk. Dalam hal ini adalah kualitas santri. 2) Kualitas layanan pendidikan semakin meningkat 3) Kepuasan pelanggan yang meningkat. 4) Perubahan perilaku santri kearah yang lebih baik setelah mengikuti proses pembelajarn di Madin Ali Adam.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Abid Rohmanu
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Apr 2021 04:57
Last Modified: 28 Apr 2021 04:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13041

Actions (login required)

View Item View Item