ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK PEMBIAYAAN MIKRO 75 iB PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Bank BRI Syariah KK Tulungagung)

Afifah, Marlina Nur (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK PEMBIAYAAN MIKRO 75 iB PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Bank BRI Syariah KK Tulungagung). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210817108_MARLINA NUR AFIFAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Afifah, Marlina Nur. Analisis Strategi Pemasaran Pada Produk Pembiayaan 75 iB Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Bank BRI Syariah KK Tulungagung). 2020. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Said Abadi,MA.
Kata Kunci: Marketing Mix, Pemasaran, Media Online.

Pembiayaan mikro 75 iB pada BRI Syariah KK Tulungagung merupakan pembiayaan yang paling sedikit peminatnya dibandingkan degan pembiayaan mikro lainnya, jika dilihat dari strategi pemasaran pembiayaan mikro 75 iB pada BRI Syariah KK Tulungagung sudah menerapkan alat pemasaran yaitu bauran pemasaran yang terdiri dari 7P yaitu, Product, price, place, promotion, people, process, physical evidence. Pada tahun 2020 pemasaran terhambat dengan adanya pandemi covid-19 tapi jumlah pembiayaan dan nasabah mengalami peningkatan yang tinggi.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian field research (penelitian lapangan). Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu cara kerja penelitian yang menekankan pada aspek pendalaman data demi mendapatkan kualitas dari hasil penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi pemasaran pembiayaan mikro 75 iB pada masa pandemi covid-19 pemasaran yang gunakan adalah menerapkan bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari 7P yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical, tetapi ada beberapa komponen dari unsur bauran pemasaran yang tidak diterapkan. Komponen yang telah diterapkan secara maksimal pada strategi pemasaran ini adalah Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence, sedangkan komponen yang masih belum bisa diterapkan secara maksimal dan menyeluruh adalah Product (produk), Price (harga). Kendala pada Strategi pemasaran pembiayaan mikro 75 iB pada masa pandemi covid-19yaitu pemasaran tidak bisa terjun langsung ke lapangan, kurangnya sumber daya manusia, kurangnya pemahaman tentang bank syariah dan adanya lembaga bank persaingan, adanya produk yang memiliki margin lebih rendah yaitu pembiayaan KUR, dari kendala tersebut dapat mengambil solusi yaitu menggunakan pemasaran secara online, merekrut karyawan baru,mengenalkan produk yang dimiliki dengan berbagai media dan pendekatan kepada nasabah, marketing harus menjelaskan kelebihan-kelebihan dari produk pembiayaan mikro 75 iB. Pemasaran pada pembiayaan mikro 75 iB memberikan dampak bagi Kantor BRI Syariah KK Tulungagung dan Masyarakat. Dampak untuk BRI Syariah KK Tulungagung bertambahnya nasabah, meningkatkan pengetahuan masyarakat serta meningkatkan reputasi terhadap BRI Syariah khususnya BRI Syariah KK Tulungagung, meningkatnya pendapatan dan Return On Asset. Dampak untuk Masyarakat mendapatkan kemudahan dalam melakukan transaksi, mempermudah masyarakat maupun nasabah baru mendapatkan informasi tentang pembiayaan 75 iB yang ada di BRI Syariah KK Tulungagung, dapat melakukan pengembangan usahanya dengan melakukan pembiayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Said Abadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Apr 2021 01:59
Last Modified: 28 Apr 2021 01:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13039

Actions (login required)

View Item View Item