Pengaruh Return On Equity, Earning Per Share, Dan Kurs Terhadap Harga Saham pada Bank Syariah yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Mei 2018-November 2020

Hasanah, Solihatun (2021) Pengaruh Return On Equity, Earning Per Share, Dan Kurs Terhadap Harga Saham pada Bank Syariah yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Mei 2018-November 2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817143_Solihatun Hasanah_Perbankan Syariah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu indikator keberhasilan pengelolaan perusahaan adalah harga saham. Jika harga saham suatu perusahaan selalu mengalami kenaikan, maka perusahaan tersebut dinilai investor dan calon investor berhasil mengelola perusahaannya. Secara teori, Return On Equity berpengaruh positif terhadap harga saham karena jika ROE tinggi, maka harga saham juga cenderung akan tinggi. Variabel Earning Per Share berpengaruh positif terhadap harga saham karena meningkatnya EPS perusahaan maka akan banyak investor yang mau membeli saham dan harga saham naik. Kemudian variabel Kurs berpengaruh negatif terhadap harga saham karena ketika kondisi nilai tukar Rupiah diperkirakan naik, maka harga saham akan menurun. Namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa ketika ROE dan EPS meningkat, harga saham BRI Syariah, BTPN Syariah, dan Bank Panin Dubai Syariah justru menurun. Kemudian ketika Kurs menurun, harga saham BRI Syariah dan Bank Panin Dubai Syariah juga mengalami penurunan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yakni data bulanan yang dipublikasikan oleh BRI Syariah, BTPN Syariah, Bank Panin Dubai Syariah, BEI, dan BI periode Mei 2018 – November 2020. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Data Panel menggunakan Eviews 10.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel ROE secara parsial berpengaruh negatif terhadap Harga Saham, dengan nilai t_(hitung )(-12,00025) < nilai t_(tabel )(1,66216). Variabel EPS secara parsial berpengaruh positif terhadap Harga Saham, dengan nilai t_(hitung )(12,69687) > nilai t_(tabel )(1,66216). Variabel Kurs secara parsial berpengaruh negatif terhadap Harga Saham, dengan nilai t_(hitung )(-2,702074) < nilai t_(tabel )(1,66216). Variabel ROE, EPS, dan Kurs secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham, dengan nilai F_(hitung ) (276,7740) > nilai F_(tabel ) (2,71). Adjusted R-squared memiliki nilai sebesar 0,937452. Hal ini menunjukkan bahwa Return On Equity, Earning Per Share, dan Kurs dalam penelitian ini memberikan pengaruh sebesar 93,74% terhadap Harga Saham, sementara 6,26% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Bank Syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebaiknya memperhatikan rasio Return On Equity, Earning Per Share, dan Kurs. Karena ketiga variabel tersebut berpengaruh terhadap tingkat profitabilitas bank syariah. Sehingga jika profitabilitas bank syariah tinggi, maka akan investor akan tertarik untuk menanamkan modalnya. Hal tersebut dapat meningkatkan harga saham bank syariah. Return On Equity berpengaruh negatif terhadap harga saham dapat disebabkan adanya faktor lain yang mempengaruhi yaitu inflasi dan suku bunga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luhur Prasetiyo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Apr 2021 01:58
Last Modified: 28 Apr 2021 01:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13036

Actions (login required)

View Item View Item