Pengaruh Giro Wadiah Dan Tabungan Wadiah Terhadap Pembiayaan Bagi Hasil Dengan Non Performing Financing Sebagai Variabel Moderasi Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode (2015-2019)

Umaroh, Siti Umaroh (2021) Pengaruh Giro Wadiah Dan Tabungan Wadiah Terhadap Pembiayaan Bagi Hasil Dengan Non Performing Financing Sebagai Variabel Moderasi Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode (2015-2019). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817058_Siti Umaroh A5.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Umaroh, Siti. Pengaruh Giro Wadiah dan Tabungan Wadiah Terhadap Pembiayaan Bagi Hasil dengan Non Performing Financing Sebagai Variabel Moderasi Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2015-2019. Skripsi. 2021. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Muhtadin Amri, M.S.Ak.
Kata Kunci: Penghimpunan Dana, penyaluran Dana, Keuntungan
Pembiayaan bagi hasil adalah pembiayaan yang berdasarkan pembagian hasil usaha antara penyedia dana dengan pengelola dana, yang terjadi antara bank dengan penyimpan dana, maupun antara bank dengan nasabah. Dimana pembagian profit atau keuntungan bedasarkan besaran modal dan juga berdasarkan kesepakatan diawal. Peningkatan pembiayaan bagi hasil dipengaruhi oleh besar kecilnya dana yang dihimpun oleh bank. Dimana semakin banyak dana yang dihimpun, maka semakin banya pula pembiayaan yang akan dikeluarkan oleh bank. Dengan begitu, laba atau bagi hasil yang diperoleh akan tinggi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh giro terhadap pembiayaan bagi hasil? Bagaimana pengaruh tabungan terhadap pembiayaan bagi hasil? Bagaimana giro dan tabungan secara simultan berpengaruh terhadap pembiayaan bagi hasil? Bagaimana NPF memoderasi pengaruh giro terhadap pembiayaan bagi hasi? Bagaimana NPF memoderasi pengaruh tabungan terhadap pembiayaan bagi hasil? Bagaimana NPF memoderasi pengaruh simultan terhadap pembiayaan bagi
hasil ?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik dokumentasi dan library research. Sumber data berasal dari data sekunder berupa laporan keuangan beberapa bank. Metode analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji model regresi linier sederhana, regresi linier berganda dan MRA, uji hipotesis. Data yang diperoleh kemudihan di olah dengan SPPS 21.0.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan secara parsial bahwa giro wadiah dan tabungan wadiah berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembiayaan bagi hasil Bank Umum Syariah, Berdasarkan uji F bahwa giro waddiah dan tabungan wadiah secara simultan berpengaruh terhadap pembiayaan bagi hasil Bank Umum Syariah, NPF tidak memoderasi pengaruh hubungan antara giro wadiah dan tabungan wadiah terhadap pembiayaan bagi hasil Bank, Berdasarkan uji secara simultan (uji F) MRA NPF memoderasi pengaruh simultan antara hubungan giro wadiah dan tabungan wadiah terhadap pembiayaan bagi hasil Bank Umum Syariah di Indonesi.
Adapun penyebab dari menurunnya pembiayaan bagi hasil antara lain Kemampuan dan naluri bisnis tidak memiliki intergritas yang baik. Adapun solusi yang diterapkan yaitu untuk mengantisipasi resiko dang mengeliminasi kerugian yang mungkin terjadi, sejak dini bank syariah harus menerapkan manajemen resiko.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhtadin Amri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Apr 2021 02:01
Last Modified: 28 Apr 2021 02:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13035

Actions (login required)

View Item View Item