TUGAS NADHIR DALAM PENGELOLAAN ASET WAKAF DI MASJID THORIQUL JANNAH, DESA SIDOREJO, KECAMATAN KEBONSARI, KABUPATEN MADIUN, DITINJAU DARI UU NO. 41 TAHUN 2004 TENTANG WAKAF DAN SOSIOLOGI HUKUM

Aini, Suci Nur (2021) TUGAS NADHIR DALAM PENGELOLAAN ASET WAKAF DI MASJID THORIQUL JANNAH, DESA SIDOREJO, KECAMATAN KEBONSARI, KABUPATEN MADIUN, DITINJAU DARI UU NO. 41 TAHUN 2004 TENTANG WAKAF DAN SOSIOLOGI HUKUM. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210117012_Suci Nur'Aini_Hukum Keluarga Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Aini, Suci Nur’, 2021, Tugas Nadhir Dalam Pengelolaan Aset Wakaf Di Masjid Thoriqul Jannah, Desa Sidorejo, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Ditinjau Dari UU No. 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf Dan Sosiologi Hukum. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembibing Dr. Ahmad Junaidi, M.H.I.
Kata kunci/keyword: tugas nadhir wakaf
Wakaf adalah menahan harta baik secara abadi maupun sementara, dari segala bentuk tindakan pribadi, seperti menjual dan memberikan wakaf atau yang lainnya, untuk tujuan pemanfaatannya atau hasilnya secara berulang-ulang bagi kepentingan umum atau khusus, sesuai dengan tujuan yang disyaratkan oleh wa>qif dan dalam batasan hukum syariat. Sedangkan tugas nadhir sesuai yang ada di UU No 41 Tahun 2004 tentang wakaf terdapat di pasal 11. Berdasarkan tugas nadhir menurut UU tentang wakaf tersebut nadhir Masjid Thoriqul Jannah mengalami disfungsi pada tugas nadhir bagian pengadministrasian. Karena NADHIR pada Masjid Thoriqul Jannah ini enggan untuk mensertifikatkan aset wakaf dengan alasan bahwa masjid dan tanah tersebut yang mewakafkan adalah pewaris dari nadhir, jadi nadhir menganggap yang berhak atas masjid dan aset wakaf tersebut adalah keluarga besar nadhir, walaupun nadhir mengerti bahwa tanah dan masjid tersebut sudah diwakafkan.
Sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Praktik Pengadministrasian nadhir Terhadap Aset Wakaf di Masjid Thoriqul Jannah Desa Sidorejo, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Ditinjau Dari UU No 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf dan Sosiologi Hukum?. (2) Bagaimana Kedudukan nadhir Yang Enggan Untuk Mensertifikatkan Aset Wakaf Masjid Thoriqul Jannah Desa Sidorejo, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Ditinjau Dari dari UU No. 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf dan Sosiologi Hukum?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan proses reduksi,proses penyajian data setelah itu menggunakan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Praktik Pengadministrasian aset wakaf yang dilakukan nadhir tidak sesuai dengan dengan UU No 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf, dan Sosiologi Hukum, sedangkan kedudukan nadhir yang menunjuk dirinya sendiri ini juga sudah tidak sesuai dengan UU tentang wakaf. Hal tersebut juga tidak sesuai dengan Sosiologi Hukum, dikarenakan hal tersebut membuat efektifitas hukum belum mampu berjalan semestinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Junaidi
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Apr 2021 01:56
Last Modified: 28 Apr 2021 01:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13032

Actions (login required)

View Item View Item