Analisis Metode Economic Order Quantity (EOQ) dalam Pengendalian Persediaan Bahan Baku pada CV Kampung Kaos Kidung di Desa Prajegan Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo

Sandrawati, Lestiana (2021) Analisis Metode Economic Order Quantity (EOQ) dalam Pengendalian Persediaan Bahan Baku pada CV Kampung Kaos Kidung di Desa Prajegan Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UPLOUD ETHESES.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sandrawati, Lestiana. Analisis Metode Economic Order Quantity (EOQ) dalam Pengendalian Persediaan Bahan Baku pada CV Kampung Kaos Kidung di Desa Prajegan Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Muchtim Humaidi, M. IRKH.

Kata Kunci: Pengendalian Persediaan, Economic Order Quantity (EOQ), Safety Stock, Reorder Point, Total Cost

Sistem pengendalian persediaan merupakan serangkaian kebijakan pengendalian untuk menentukan tingkat persediaan yang harus dijaga, kapan pesanan untuk menambah, persediaan harus dilakukan dan berapa besar pesanan harus diadakan. Sistem ini menentukan dan menjamin tersedianya persediaan yang tepat dalam kuantitas dan waktu yang tepat. Tujuan pengelolaan persediaan adalah menyediakan bahan baku yang diperlukan dalam proses produksi agar dapat berjalan dengan lancar tanpa terjadi kekurangan atau kelebihan persediaan sehingga biaya persediaan dapat ditekan seminimal mungkin. CV Kampung Kaos Kidung terdapat masalah yang berkaitan dengan pengendalian persediaan bahan baku kain dan benang. Dimana perusahaan masih sering mengalami kekurangan dan kelebihan persediaan bahan baku. Perusahaan harus dapat memperkirakan seberapa besar kebutuhan bahan baku kain dan benang yang diperlukan di masa yang akan datang. Maka diperoleh rumusan masalah bagaimana analisis penerapan metode economic order quantity (EOQ) dalam pengendalian persediaan bahan baku kain dan benang pada CV Kampung Kaos Kidung.
Peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara,observasi, dan dokumentasi. Serta teknik analisis data dengan menggunakan metode economic order quantity (EOQ), safety stock, reorder point dan total cost.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengendalian persediaan bahan baku dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) lebih efisien digunakan dalam pengendalian persediaan bahan baku kain dan benang di CV Kampung Kaos Kidung. Perusahaan dapat mengoptimalkan persediaan bahan baku kain dan benang serta dapat menghemat biaya persediaan bahan baku kain dan benang. Dengan menetapkan persediaan pengaman (Safety Stock) dan titik pemesanan ulang (Reorder Point) perusahaan dapat mengantisipasi terjadinya kelebihan maupun kekurangan bahan baku kain dan benang, sehingga dapat meminimalkan biaya persediaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Apr 2021 01:53
Last Modified: 28 Apr 2021 01:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13029

Actions (login required)

View Item View Item