.. (UPLOAD ULANG LEMBAR PENGESAHAN DENGAN STEMPEL DAN LENGKAPI PERSETUJUAN PUBLIKASI (UNDUH FORMAT DI WEBSITE PERPUSTAKAAN)...Mewujudkan Keluarga Sakinah Ditengah Pandemi COVID 19 (Studi Kasus Desa Nitikan Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan)

Romadhon, Wahyu (2021) .. (UPLOAD ULANG LEMBAR PENGESAHAN DENGAN STEMPEL DAN LENGKAPI PERSETUJUAN PUBLIKASI (UNDUH FORMAT DI WEBSITE PERPUSTAKAAN)...Mewujudkan Keluarga Sakinah Ditengah Pandemi COVID 19 (Studi Kasus Desa Nitikan Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
skripsi wahyu 210115100-dikonversi.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Romadhon, Wahyu. 2021 “Mewujudkan Keluarga Sakinah di Tengah Wabah Pandemi Covid 19 di Desa Nitikan Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan”Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Rifah Roihanah, S.H, M.Kn.

Kata Kunci. Konsep Keluarga Sakinah. Pandemi COVID 19

Banyaknya perceraian dalam keluarga karena dampak pandemi COVID 19 adalah sebuah gagalnya pembentukan keutuhan keluarga. Tujuan keluarga adalah mengupayakan agar di dalam sebuah keluarga itu terciptanya sebuah keharmonisan yang penuh dengan rasa cinta dan kasih sayang. Permasalahan dalam kehidupan keluarga telah menyebabkan terjadinya banyak perubahan peran dan fungsi dalam tanan keluarga yang terdampak COVID 19 sehingga menimbulkan sebuah permasalahan. Akan tetapi masih banyak keluarga yang tetap utuh dan harmonis, salah satunya Desa Nitikan Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan. Yang tetap bisa mewujudkan keluarga sakinah.
Dari fenomena di atas muncul pertanyaan tentang bagimana tinjauan hukum islam terhadap pemenuhan kewajiban suami terhadap keluarga di tengah wabah COVID 19. Yang kedua bagimana tinjuan hukum Islam terhadap upaya keluarga dalam meredam stres akibat pandemi COVID 19 terhadap ekonomi keluarga.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penulis langsung mengamati keluarga yang terdamapak wabah COVID 19 dan masih bisa mewujudkan keluarga sakinah di Desa Nitikan Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan. Sifat penelitian yang di gunakan adalah deskriptif analisis, yaitu menguraikan atau menggambarkan apa adanya data hasil penelitian yang berupa data dari wawancara maupun data yang penulis peroleh selanjutnya dilakukan analisis kemudian dijelaskan. Pendekatan normatif dan tinjuan hukum islam, Al-Qur-an dan Hadist.
Adapun hasil analisis upaya yang dilakukan keluarga di Desa Nitikan sudah sesuai dan sudah merupakan upaya dalam mewujudkan keluarga sakinah karena dalam hani ini meskipun secara kondisi ekonomi sulit akan tetapi suami tetap berupaya keras untuk memenuhi ekonomi keluarga agar tercipta ketenangan dalam keluarga. Yang kedua dengan lebih meningkatkan komunikasi antara anggota keluarga, menyibukan diri dengan hal-hal yang bermanfaat, dan upaya untuk meredam emosi adalah dengan meluangkan waktu bercanda dengan anak-anak atau dengan keluarga, lebih mendekatkan diri pada Allah memperbanyak ibadah dan bersedekah. Hal tersebut sudah sesuai dengan konsep hukum keluarga islam dalam mewujudkan keluarga sakinah yang menekankan pada kesabaran dan keiklasan di sepanjang perjalanan rumah tangga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rifah Roihanah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Apr 2021 01:50
Last Modified: 28 Apr 2021 01:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13023

Actions (login required)

View Item View Item