Pengaruh Strategi Segmenting, Targeting Dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Hijab Rabbani.

Yukhanita, Ulfa (2021) Pengaruh Strategi Segmenting, Targeting Dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Hijab Rabbani. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717010_Ulfa Yukhanita_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses menggabungkan penciptaan dan penyampaian nilai kepada konsumen dalam bentuk yang disebut STP yaitu segmenting, targeting dan positioning. Reshare Rabbani merupakan usaha yang menerapkan strategi tersebut. Strategi segmenting dari usaha ini adalah membagi pasar berdasarkan geografis atau wilayah, produk hanya ditujukan untuk konsumen Ponorogo. Targeting dari usaha ini yaitu semua usia. Langkah terakhir positioning yaitu hijab Rabbani yang syar’i, modis dan harga yang kompetitif. Jika pada masa pandemi seharusnya suatu usaha mengalami penurunan, usaha ini justru mengalami peningkatan keputusan pembelian dengan penerapan ketiga strategi tersebut.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu semua konsumen hijab Rabbani. Perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 50. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah probability sampling tepatnya dengan simple random sampling. Adapun responden dalam penelitian ini yaitu konsumen pembeli hijab Rabbani Ponorogo. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk membantu analisis penelitian.
Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa uji analisis memberikan hasil yaitu strategi segmenting dan targeting secara parsial berpengaruh positif adan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk hijab Rabbani. Artinya bahwa strategi segmenting dan targeting meningkat, maka keputusan pembelian juga meningkat. Akan tetapi kedua strategi tersebut tidak berarti. Strategi positioning secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk hijab Rabbani. Artinya bahwa strategi positioning meningkat, maka keputusan pembelian juga meningkat dan strategi tersebut berarti. Strategi segmenting, targeting dan positioning secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk hijab Rabbani. Artinya ketiga strategi tersebut yaitu segmenting, targeting, dan positioning secara simultan meningkat, maka keputusan pembelian juga meningkat dan memiliki arti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yunaita Rahmawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Apr 2021 03:35
Last Modified: 27 Apr 2021 03:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13020

Actions (login required)

View Item View Item