Pengaruh Budaya Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Bumi Pembangunan Pertiwi Madiun

Solehah, Siti Duriyatus (2021) Pengaruh Budaya Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Bumi Pembangunan Pertiwi Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717110_Siti Duriyatus Solehah_Ekonomi Syariah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Solehah, Siti Duriyatus. 2021. Pengaruh Budaya Organisasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Bumi Pembangunan Pertiwi Madiun. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing Yunaita Rahmawati, M.Si.

Kata Kunci: Sumber Daya Manusia, Penjualan Perusahaan, Hasil Kerja.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya research gap antara teori dan fakta yang terdapat pada lapangan yaitu di PT.BPP Madiun. Kinerja karyawan dapat tercapai dengan baik apabila faktor yang memengaruhinya berjalan dengan baik pula. Pada kenyataannya di PT Bumi Pembangunan Pertiwi ini terdapat budaya organisasi yang didalamnya ada visi dan misi yang sudah ditetapkan oleh perusahaan, para karyawan sudah melakukan dan menjalankan misi yang ditetapkan tersebut, kebiasaan yang dilakukan pun sudah mencerminkan apa yang ada didalam misi tersebut, tetapi disisi lain kinerja yang dilakukan karyawan masih kurang. Begitu pula dengan lingkungan kerja yang ada di PT.BPP Madiun diketahui sarana dan prasarana yang ada di kantor PT.BPP Madiun sudah layak. Tetapi dengan sudah tersedia nya fasilitas yang cukup memadai tidak membuat karyawan PT.BPP Madiun menggunakan fasilitas dengan semestinya. Meskipun budaya organisasi dan lingkungan kerja sudah baik tetapi kinerja karyawan PT.BPP Madiun masih kurang. Hal ini menarik diteliti karena bertentangan dengan teori Kasmir yang menyatakan bahwa kepemimpinan, disiplin kerja dan lingkungan kerja memengaruhi kinerja karyawan suatu perusahaan. Penelitian ini dilaksanakan di PT. BPP Madiun yang bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh variabel budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan PT. BPP Madiun.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Sampel pada penelitian ini adalah 100 karyawan PT.BPP Madiun. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan berganda dengan bantuan SPSS 21. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi sederhana dan berganda serta uji hipotesis.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, 2) lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, 3) budaya organisasi dan lingkungan kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan sebesar 85,2%, dengan variabel yang paling dominan pengaruhnya adalah budaya organisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yunaita Rahmawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Apr 2021 01:33
Last Modified: 27 Apr 2021 01:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13016

Actions (login required)

View Item View Item