Pengaruh Inflasi Dan Dana Pihak Ketiga terhadap Return On Assets Melalui Pembiayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Syariah Mandiri Periode 2012-2020

Mukarromah, Fitriani (2021) Pengaruh Inflasi Dan Dana Pihak Ketiga terhadap Return On Assets Melalui Pembiayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Syariah Mandiri Periode 2012-2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Fitriani Mukarromah_210817153.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adanya ketidaksesuain antara teori dan data yang terjadi. Dimana, pada data dalam penelitian ini Inflasi mengalami kenaikan sehingga mempengaruhi ROA yang turun, dana pihak ketiga meningkat akan tetapi ROA yang turun, dan Pembiayaan UMKM mengalami penurunan begitu juga ROA mengalami penurunan. Sehingga dapat dirumuskan masalah yaitu Apakah inflasi berpengaruh terhadap ROA, Apakah dana pihak ketiga berpengaruh terhadap ROA, Apakah Pembiayaan UMKM berpengaruh terhadap ROA, Apakah Inflasi berpengaruh terhadap Pembiayaan UMKM, Apakah dana pihak ketiga berpengaruh terhadap Pembiayaan UMKM, Apakah inflasi berpengaruh terhadap ROA pada Bank Syariah Mandiri, Apakah dana pihak ketiga berpengaruh terhadap ROA, pengaruh inflasi dan dana pihak ketiga secara simultan terhadap pembiayaan UMKM, dan apakah inflasi, dana pihak ketiga, dan pembiayaan UMKM berpengaruh secara simultan terhadap ROA.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yaitu data triwulan Bank Syariah Mandiri dan OJK yang dipublikan dalam periode 2012-2020. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji asumsi klasik, uji linier sederhana dan uji linier berganda, uji hipotesis (parsial, simultan dan koefisien determinasi), analisis jalur dan uji sobel test.
Berdasarkan hasil pembahasan menjukkan bahwa yang mempengaruhi ROA turun pada periode ini karena adanya faktor eksternal seperti inflasi. Inflasi akan membuat masyarakat tidak memiliki semangat menabung diBank Syariah Mandiri karena masyarakat akan lebih menggunakan uangnya untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Sedangkan, faktor internal seperti dana pihak ketiga dapat mempengaruhi ROA ketika dana pihak ketiga mengalami kenaikan akan tetapi ROA menurun bisa jadi Bank Syariah Mandiri tidak mampu menyalurkan dananya ke masyarakat ataupun para investor. Sehingga ketika dana pihak ketiga mengendap di Bank Syariah Mandiri maka akan berdampak pada turunnya ROA. Maka, membuat ROA Bank Syariah Mandiri menurun sehingga Bank Syariah Mandiri harus meningkatkan pendapatannya baik dalam menyalurkan dananya pada sektor usaha seperti pembiayaan UMKM karena sektor tersebut akan dapat membantu pendapatan Bank Syariah Mandiri dengan pengajuan dana atau modal yang akan digunakan sebagai modal para pelaku usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ely Masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Apr 2021 02:19
Last Modified: 27 Apr 2021 02:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13015

Actions (login required)

View Item View Item