ANALISIS SWOT TERHADAP STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAINGPADA OBJEK WISATA AIR TERJUN PENGANTIN DUSUN BESEK, DESA HARGOMULYO KABUPATEN NGAWI

Alfiani, Alfiani (2021) ANALISIS SWOT TERHADAP STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAINGPADA OBJEK WISATA AIR TERJUN PENGANTIN DUSUN BESEK, DESA HARGOMULYO KABUPATEN NGAWI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717006_Alfiani_Ekonomi Syariah..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Alfiani, NIM : 210717006, “Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Pada Wisata Air Terjun Pengantin Dusun Besek, Desa Hargomulyo Kabupaten Ngawi”, Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah, IAIN Ponorogo, 2021.
Kata Kunci: Stretegi pemasaran, Analisis SWOT, Air Terjun Pengantin
Jumlah pengunjung wisata Air Terjun Pengantin setiap tahun mengalami kenaikan, namun dari segi pemasaran dan promosi masih kurang maksimal, ada beberapa hal yang harus diperbaiki bahkan dibenahi. Dari sini penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan Pertama, untuk mengetahui analisis SWOT terhadap strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing pada wisata Air Terjun Pengantin danuntuk mengetahui strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing pada objek wisata Air Terjun Pengantin.
Jenis penelitian yang digunakan adalah field research atau penelitian lapangan, menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teori pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dengan menggunakan matrik IFAS, EFAS, SWOT, IE.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan pengelola wisata Air Terjun Pengantin yaitu menggunakan marketing mix 4P. Untuk segi product, price wisata Air Terjun Pengantin secara umum sudah melakukan strategi sebagaimana teori, tetapi untuk peningkatan dan perbaikan ada beberapa hal yang perlu di evaluasi dan dibenahi, dari segi Place wisata Air Terjun Pengantin ada beberapa fasilitas yang kurang maksimal dalam pengelolaan tanah dan tata letak fasilitas tambahan seperti gazebo dan spot selfi yang masih kurang tepat. promotion yang dilakukan wisata Air Terjun Pengantin juga masih kurang maksimal hal ini ditandai dengan pasifnya pengelola dalam mempromosikan atau kurangnya metode promosi. Strategi yang dapat digunakan wisata Air Terjun Pengantin berdasarkan matrik SWOT yaitu dengan memanfaatkan dukungan pemerintah untuk lebih luas memasuki pangsa pasar, memaksimalkan promosi dengan cara online maupun offline, mengutamakan kepuasan konsumen dengan adanya perbaikan fasilitas dan kualitas produk jasa yang ditawarkan agar sesuai dengan harganya, jadi konsumen dapat merasa puas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tiara Widya Antikasari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Apr 2021 01:30
Last Modified: 27 Apr 2021 01:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13013

Actions (login required)

View Item View Item