Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Net Operating Margin BRISyariah Periode 2012-2019

Aprida, Devi Yuliana (2021) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Net Operating Margin BRISyariah Periode 2012-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817138_DEVI YULIANA APRIDA_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Aprida, Devi Yuliana. 2021. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Net Operating Margin BRISyariah Periode 2012-2019. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dwi Setya Nugrahini, M.Pd.

Kata Kunci: pendapatan operasional, penyaluran pembiayaan, kinerja bank

BRISyariah merupakan salah satu Bank Umum Syariah di Indonesia yang terus berupaya meningkatkan angka penyaluran pembiayaan setiap tahunnya. Namun, penyaluran pembiayaan tersebut belum mampu menghasilkan rasio NOM yang tinggi. Jika dilihat per tahun selama periode 2012-2019, perkembangan rasio NOM BRISyariah terus mengalami penurunan. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk membantu pihak BRISyariah memilihkan faktor yang paling dominan mempengaruhi NOM sebab adanya keterbatasan sumber daya agar BRISyariah tetap dapat menjaga rasio NOM.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan BRISyariah dengan sampel penelitian yang digunakan yaitu laporan keuangan triwulan BRISyariah periode 2012-2019. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan metode analisis faktor dengan bantuan software IBM SPSS Statistic versi 21.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi NOM BRISyariah adalah faktor risiko bank dan faktor efisiensi kinerja bank. Adapun faktor yang paling dominan mempengaruhi NOM BRISyariah adalah faktor risiko bank. Sebab-sebab menurunnya rasio NOM yaitu pengelolaan aktiva BRISyariah yang kurang efisien, sehingga BRISyariah harus meningkatkan penanaman dana berbentuk pembiayaan. Selain itu, masih rendahnya dana pihak ketiga yang disalurkan dalam bentuk pembiayaan, sehingga BRISyariah harus memaksimalkan pembiayaan yang disalurkan. Kemudian, adanya penurunan kecukupan modal membuat bank kurang maksimal dalam menyerap kerugian, sehingga BRISyariah harus meningkatkan kerjasama dengan para investor. Kondisi nilai tukar rupiah yang melemah menyebabkan kualitas pembiayaan menurun, sehingga BRISyariah harus melakukan monitoring terhadap kelangsungan usaha nasabah agar tetap berjalan lancar. Adanya kenaikan angka inflasi membuat biaya operasional yang dikeluarkan meningkat, sehingga BRISyariah harus mengantisipasinya dengan mengurangi biaya promosi. Kemudian, jumlah pembiayaan bermasalah yang tinggi membuat risiko bank juga tinggi, sehingga BRISyariah harus meningkatkan monitoring pembiayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Setya Nugrahini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Apr 2021 01:28
Last Modified: 27 Apr 2021 01:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13010

Actions (login required)

View Item View Item