Pengaruh Pembiayaan Murabahah, Pembiayaan Bagi Hasil Dan Net Operating Margin Terhadap Return On Assets Pada Bank Umum Syariah Non Devisa Periode 2018-2019

Azizah, Nikmatul (2021) Pengaruh Pembiayaan Murabahah, Pembiayaan Bagi Hasil Dan Net Operating Margin Terhadap Return On Assets Pada Bank Umum Syariah Non Devisa Periode 2018-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Nikmatul Azizah_210817124_PS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Azizah, Nikmatul. 2021. Pengaruh Pembiayaan Murabahah, Pembiayaan Bagi Hasil dan Net Operating Margin Terhadap Return on Assets Periode 2018-2019. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Agung Eko Purwana, SE, MSI.
Kata Kunci: Pembiayaan, Pendapatan, Profitabilitas, Data Panel
Return on Assets penting bagi Bank, karena Return on Assets digunakan untuk mengukur kemampuan manajemen bank dalam memperoleh keuntungan secara keseluruhan. Return on Assets yang terjadi pada Bank Umum Syariah Non Devisa pada periode tertentu mengalami penurunan dimana ketika Pembiayaan Murabahah dan Pembiayaan Bagi Hasil meningkat Return on Assets yang diperoleh menurun dan Net Operating Margin meningkat Return on Assets mengalami penurunan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan analisis data yang digunakan adalah regresi data panel. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian adalah Pembiayaan Murabahah, Pembiayaan Bagi Hasil dan Net Operating Margin, sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah Return on Assets.
Hasil pembahasan dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa secara parsial pembiayaan murabahah, pembiyaan bagi hasil dan Net Operating Margin tidak memiliki pengaruh terhadap Return on Assets, karena ketiga variabel tersebut tidak memiliki pengaruh. Dapat disimpulkan bahwa terdapat faktor lain selain yang digunakan pada penelitian ini yang dapat meningkatkan Return on Assets. Menurunnya Return on Assets disebabkan pembiayaan murabahah, pembiayaan bagi hasil dan Net Operating Margin yang menurun secara bersama-sama. Ketiga variabel tersebut secara bersama-sama berdampak pada nasabah yang melakukan pembiayaan maupun investasi. Investasi yang semakin banyak dapat meningkatan pendapatan bank yang berakibat pada Return on Assets juga meningkat pada Bank Umum Syariah terutama Bank Umum Syariah Non Devisa. Oleh karena itu, sebaiknya Bank Umum Syariah terutama Bank Umum Syariah Non Devisa harus mampu menggunakan ketiga variabel tersebut secara bersama-sama untuk meningkatkan Return on Assets tanpa mengesampingkan salah satu diantaranya. Karena ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh yang tinggi bagi pendapatan Bank Syariah dan secara langsung dapat memperbaiki sekaligus meningkatkan Return on Assets Bank Umum Syariah Non Devisa yang menurun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agung Eko Purwana
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Apr 2021 01:26
Last Modified: 27 Apr 2021 01:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13009

Actions (login required)

View Item View Item