Kontrak Kerjasama Penggarapan Lahan Kayu Putih Perspektif Fiqh Muza>ra’ah (Studi Kasus Perum Perhutani KPH Madiun Dan Petani LMPSDH Sido Luhur Desa Kaponan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo)

Afifah, Hiyarotul (2021) Kontrak Kerjasama Penggarapan Lahan Kayu Putih Perspektif Fiqh Muza>ra’ah (Studi Kasus Perum Perhutani KPH Madiun Dan Petani LMPSDH Sido Luhur Desa Kaponan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210217036_HYAROTUL-AFIFAH_HES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Afifah, Hiyarotul 2021. Kontrak Kerjasama Penggarapan Lahan Kayu Putih Perspektif Fiqh Muza>ra’ah (Studi kasus antara Perum Perhutani KPH Madiun dan Petani LMPSDH Sido Luhur Desa Kaponan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Soleh Hasan Wahid, M.H.
Kata Kunci : Kontrak Kerjasama, Lahan Kayu Putih, fiqh Muza>ra’ah
Masyarakat di Desa Kaponan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo tidak semua warga yang bertani memiliki lahan pertanian sendiri. Terdapat beberapa petani yang tidak memiliki lahan sendiri mengadakan kerjasama dengan pihak yang memiliki banyak lahan untuk mengadakan kegiatan pertanian. Beberapa warga masyarakat melakukan pengelolaan lahan milik KPH (Kesatuan Pengelolaan Hutan) Madiun. Pada awalnya kerjasama terjadi secara lisan, tetapi seiring dengan perkembangan zaman maka perjanjian dibuat secara tertulis guna mempermudah pengaturan. Sehingga dari perubahan perjanjian ini menimbulkan beberapa pendapat, ada pihak yang menilai perjanjian lisan lebih cocok diterapkan dan ada pula pihak yang menilai perjanjian tertulislah yang lebih sesuai.
Berdasarkan uraian di atas peneliti menggunakan dua rumusan masalah dalam penelitian ini. (1) Bagaimana penerapan asas-asas perjanjian Islam dalam kontrak kerjasama penggarapan lahan kayu putih antara Perum perhutani KPH Madiun dan Petani LMPSDH Sido Luhur Desa Kaponan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo menurut Fiqh Muza>ra’ah. (2) Bagaimana klausul kontrak kerjasama penggarapan lahan kayu putih antara Perum perhutani KPH Madiun dan Petani LMPSDH Sido Luhur Desa Kaponan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo menurut Fiqh Muza>ra’ah.
Menurut jenisnya, penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah metode induktif yaitu metode yang menekankan pada pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa yang lebih sesuai dalam penerapan asas perjanjian Islam adalah ketika perjanjian ini dilakukan secara lisan. Karena semua pihak sudah menerapkan semua asas perjanjian Islam, hanya ada dua asas perjanjian Islam yang belum diterapkan. Sedangkan tingkat keabsahan dalam penerapan fiqh muza>ra’ah mengarah pada perjanjian yang terjadi secara tertulis, karena rukun dan syarat muza>ra’ah telah dipenuhi secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: SOLEH HASAN WAHID
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Apr 2021 02:14
Last Modified: 26 Apr 2021 02:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13004

Actions (login required)

View Item View Item