..(LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN BLM ADA STEMPEL, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Dan Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Pada Pembiayaan Ijarah Di KSPS BMT Ngrambe

Khasanah, Umi Nurrohmah (2021) ..(LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN BLM ADA STEMPEL, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Dan Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Pada Pembiayaan Ijarah Di KSPS BMT Ngrambe. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210717113_Umi Nurrohmah Khasanah_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Khasanah, Umi Nurrohmah. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Dan Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Pada Pembiayaan Ijarah Di KSPS BMT Ngrambe. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Moh. Faizin, M.S.E.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Promosi, Pelayanan, Minat Nasabah
Minat nasabah merupakan bagian dari komponen perilaku dalam sikap mengkonsumsi. Menurut Umar Husein, minat konsumen adalah bagian dari komponen perilaku konsumen dalam sikap mengkonsumsi, kecenderungan responden untuk bertindak sebelum keputusan membeli benar-benar terlaksana. Sehingga minat menjadi sumber energi untuk melaksanakan tugas-tugas untuk memenuhi dirinya. Dalam menarik minat nasabah untuk melakukan pembiayaan di BMT dilakukan dengan berbagai upaya seperti halnya dengan mengutamakan kualitas produk, memasarkan produk melalui promosi, dan memberikan pelayanan yang terbaik. Meskipun demikian, hal tersebut tidak menambah jumlah minat untuk melakukan pembiayaan ijarah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Pengaruh kualitas produk terhadap minat nasabah pada pembiayaan ijarah, (2) Pengaruh promosi terhadap minat nasabah pada pembiayaan ijarah, (3) Pengaruh pelayanan terhadap minat nasabah pada pembiayaan ijarah, (4) Pengaruh kualitas produk, promosi, dan pelayanan secara simultan terhadap minat nasabah pada pembiayaan ijarah.
Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Tehnik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah tehnik sampling probability. Jenis data yangd digunakan data primer. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sedangkan tehnik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji instrumen penelitian, analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian yang diperoleh menggunakan SPSS 21.0 menunjukkan bahwa: (1) secara parsial kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah pada pembiayaan ijarah, (2) secara parsial promosi berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah pada pembiayaan ijarah, (3) secara parsial pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah pada pembiayaan ijarah, (4) secara simultan kualiatas produk, promosi, dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Faizin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Apr 2021 03:00
Last Modified: 26 Apr 2021 03:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13003

Actions (login required)

View Item View Item