Pengaruh ROA, ROE, EPS dan OPM Terhadap Harga Saham Perusahaan Sektor Perindustrian

Putra, Dendy Pramana (2021) Pengaruh ROA, ROE, EPS dan OPM Terhadap Harga Saham Perusahaan Sektor Perindustrian. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
DENDY_SKRIPSI UPLOAD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Putra, Dendy Pramana. Pengaruh ROA, ROE, EPS dan OPM Terhadap Harga Saham Perusahaan Sektor Perindustrian. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Moh. Faizin, M.S.E.

Kata kunci: Harga saham, ROA, ROE, EPS, OPM.

Sebelum melakukan investasi, calon investor perlu melakukan analisis rasio keuangan perusahaan agar bisa mengambil keputusan yang tepat untuk berinvestasi, karena analisis rasio keuangan berguna untuk menentukan keputusan investasi yang terbaik dan menguntungkan. Secara teori, nilai ROA, ROE, EPS, dan OPM yang meningkat, maka harga saham akan naik. Namun, data yang digunakan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, ketika ROA, ROE, EPS, dan OPM yang meningkat, di saat yang bersamaan harga saham turun, begitu pun sebaliknya, ketika ROA, ROE, EPS, dan OPM yang mengalami penurunan, di saat yang bersamaan harga saham naik. Hal tersebut menunjukkan adanya ketimpangan antara teori dan data. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh ROA, ROE, EPS, dan OPM terhadap harga saham sektor perindustrian, baik pengaruh parsial maupun simultan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian sekunder dengan pendekatan kuantitatif. Ada pun pengumpulan datanya dengan studi dokumentasi dan studi pustaka. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa laporan tahunan perusahaan sektor perindustrian yang terdaftar pada ISSI periode 2016-2019. Jumlah observations dalam penelitian ini sebanyak 48 yang terdiri dari 12 perusahaan. Teknik penentuan sampel yang digunakan ialah purposive sampling dengan beberapa kriteria yang peneliti tentukan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel yang sebelumnya telah melalui pengujian tahapan metode estimasi data panel, pemilihan model regresi data panel, uji asumsi klasik dan uji signifikansi dengan menggunaan software Eviews 9.0.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Variabel ROA tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap harga saham. (2) Variabel ROE berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham. (3) Variabel EPS berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. (4) Variabel OPM berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. (5) ROA, ROE, EPS, dan OPM secara simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Faizin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Apr 2021 02:18
Last Modified: 23 Apr 2021 02:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12989

Actions (login required)

View Item View Item