Konsumsi Jilbab Dikalangan Mahasiswi FEBI IAIN Ponorogo (Studi Analisis Perilaku Konsumsi)

Firoh, Amin Ulfah Magh (2021) Konsumsi Jilbab Dikalangan Mahasiswi FEBI IAIN Ponorogo (Studi Analisis Perilaku Konsumsi). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
KONSUMSI JILBAB DIKALANGAN MAHASISWI FEBI IAIN PONOROGO (Studi Analisis Perilaku Konsumsi)..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak

Magh Firoh, Amin Ulfah. Konsumsi Jilbab Dikalangan Mahasiswi FEBI IAIN Ponorogo (Studi Analisis Perilaku Konsumsi). Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Unun Roudlotul Janah, M. Ag.

Kata kunci: Konsumsi jilbab, ekonomi Islam.

Konsumsi merupakan semua penggunaan barang dan jasa yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pola konsumsi yang bersifat tak terbatas seperti mencari kepuasan dan memenuhi keinginan yang bersifat sementara sehingga menjadikan tindakan konsumsi yang dilakukan menjadi berlebihan. Mahasiswi pada saat ini sangat sulit membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Dengan adanya keberagaman dalam model busana menjadikan pola konsumsi mahasiswi semakin meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perilaku konsumsi jilbab mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo? (2) Bagaimana faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsi jilbab mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo? (3)Bagaimana dampak perilaku konsumtif mahasiswi bagi kehidupan sehari-hari?
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian lapangan (field research). Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo dengan tenik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola konsumsi jilbab mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo muncul adanya kesenjangan antara praktik yang terjadi dengan teori yang ada sehingga menimbulkan konsumsi jilbab berlebihan. Konsumsi jilbab yang berlebihan dapat menimbulkan sifat israf. Israf merupakan penggunaan harta secara berlebihan. Sedangkan faktor yang mempengaruhi adanya konsumsi adalah faktor internal dan eksternal diantaranya diri sendiri, teman bermain dan lingkungan sekitar. Teman bermain akan mempengaruhi mahasiswi untuk mengikuti ajakan membeli jilbab walaupun sebenarnya tidak dibutuhkan. Sedangkan lingkungan sekitar mempengaruhi munculnya perlaku konsumtif karena lingkungan rumah atau keluarga dan lingkungan masyarakat yang mendukung mahasiswi untuk mengisi waktu luang. Dampak dari perilaku konsumtif mahasiswi yaitu menimbulkan kehidupan yang tidak sehat seperti boros, mengurangi kesempatan untuk menabung, cenderung tidak memikirkan kebutuhan yang akan datang serta dapat menimbulkan kecemburuan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Apr 2021 02:05
Last Modified: 23 Apr 2021 02:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12988

Actions (login required)

View Item View Item