pengaruh capital adequacy ratio dan non performing financing terhadap return on asset pada bank umum syariah melalui financing to deposit ratio sebagai variabel intervening periode 2015-2019

Hardiana, Latifah (2021) pengaruh capital adequacy ratio dan non performing financing terhadap return on asset pada bank umum syariah melalui financing to deposit ratio sebagai variabel intervening periode 2015-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Latifah Hardiana Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hardiana, Latifah. 2021. Pengaruh Capital Adequacy Ratio dan Non Performing Financing terhadap Return on Asset pada Bank Umum Syariah melalui Financing to Deposit Ratio sebagai Variabel Intervening Periode 2015-2019. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ratna Yunita, M.A.

Kata Kunci: Modal, Pembiayaan Bermasalah, Likuiditas, Profitabilitas

ROA merupakan salah satu rasio profitabilitas yang digunakan untuk mengukur kinerja keuangan suatu bank. Semakin baik kinerja keuangan, maka bank tersebut akan semakin sehat. Faktor yang dapat memengaruhi ROA diantaranya dari manajemen modal dalam dunia perbankan dapat dihitung dengan CAR, dari aspek kualitas aktiva dengan menggunakan NPF dan dari manajemen likuiditas dapat diukur dengan menggunakan FDR. Laporan keuangan tahunan Bank Umum Syariah periode 2015-2019 menunjukkan ROA setiap tahunnya cukup rendah yaitu di bawah standar ketentuan Bank Indonesia sebesar 1,5%. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah adanya data dari laporan keuangan tahunan Bank Umum Syariah yang tidak sesuai dengan teori relevan yang ada serta adanya perbedaan hasil penelitian hubungan variabel dari penelitian terdahulu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Sumber data berasal dari data sekunder berupa laporan keuangan tahunan masing-masing Bank Umum Syariah. Metode analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t, uji F dan koefisien determinasi) dan analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor di luar manajemen bank seperti inflasi, suku bunga, nilai tukar uang, dan struktur pasar yang dapat menyebabkan beberapa faktor internal seperti CAR, NPF dan FDR tidak dapat berpengaruh untuk meningkatkan ROA pada Bank Umum Syariah. Selain itu, bank belum bisa menjaga kestabilan rasio kecukupan modal, rasio pembiayaan bermasalah dan rasio likuiditas. Sehingga solusi ROA agar tidak rendah yaitu selalu menjaga kestabilan rasio kecukupan modalnya, rasio pembiayaan bermasalah dan rasio likuiditas berdasarkan ketentuan Bank Indonesia dan juga tidak lupa memperhatikan faktor-faktor eksternal atau faktor di luar manajemen dari Bank Umum Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ratna Yunita
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Apr 2021 02:17
Last Modified: 23 Apr 2021 02:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12987

Actions (login required)

View Item View Item