Strategi Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Kabupaten Magetan Dalam Upaya Pengembangan Usaha Mikro Di Kabupaten Magetan Pada Masa Pandemi Covid-19

Auliya, Alfu Nur (2021) Strategi Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Kabupaten Magetan Dalam Upaya Pengembangan Usaha Mikro Di Kabupaten Magetan Pada Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210717120_ALFU NUR AULIYA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Auliya, Alfu Nur. Strategi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Magetan dalam Upaya Pengembangan Usaha Mikro di Kabupaten Magetan pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ruliq Suryaningsih, M.Pd.

Kata kunci : Strategi, Pengembangan Usaha Mikro, Pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 merupakan fenomena yang memberikan berbagai dampak bagi Indonesia. Salah satu aspek yang terdampak yakni usaha mikro yang menjadi sektor penyangga ekonomi masyarakat. Menurut Teori menyebutkan bahwa pemerintah harus membantu dalam pemberdayaan dan pengembangan usaha mikro. Selain itu, pada kondisi pandemi covid-19 sektor UMKM harus bangkit untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional.
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Strategi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Magetan dalam Upaya Pengembangan Usaha Mikro di Magetan pada masa Pandemi Covid-19, serta menganalisis faktor pendukung dan penghambat proses penerapan strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data adalah dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini di analisis menggunakan metode deduktif yang diawali dengan pernyataan umum dan diakhiri kesimpulan khusus.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Strategi Pengembangan Usaha Mikro di Magetan pada masa pandemi Covid-19 adalah: Program fasilitasi permasalahan proses produksi, Pelatihan diversifikasi produk usaha mikro, Pengembangan promosi produk usaha mikro, Peningkatan jaringan antar lembaga, dan fasilitasi standarisasi produk usaha mikro. Faktor pendorong strategi tersebut adalah adanya kebijakan pemerintah yang mendukung program pengembangan usaha mikro pada masa pandemi covid-19, adanya struktur organisasi dan pembagian tugas yang sesuai, aneka ragam potensi usaha dan bahan baku di Magetan, dan jangkauan promosi yang semakin luas. Faktor penghambat strategi tersebut antara lain keterbatasan jumlah pegawai, keterbatasan penggunaan sistem informasi, keterbatasan pengetahuan pelaku usaha mikro dalam pemasaran di era digital, kurangnya kelengkapan izin usaha dan legalitas produk usaha mikro di Kabupaten Magetan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Apr 2021 02:25
Last Modified: 22 Apr 2021 02:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12978

Actions (login required)

View Item View Item