Tinjauan Hukum Islam Terhadap Piutang Bersyarat Antara CV Budi Tani Dengan Petani di Desa Suka Mulya Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir

Hidayat, Nur (2021) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Piutang Bersyarat Antara CV Budi Tani Dengan Petani di Desa Suka Mulya Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi upload.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nur Hidayat, 2021. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Piutang Bersyarat Antara CV Budi Tani Dengan Petani di Desa Suka Mulya Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Skirpsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing M. Ilham Tanzilullohh, M.H.I

Kata Kunci/keywod: Hukum Islam, Upah, Piutang Bersyarat.

Dalam bermuamalah pada dasar boleh melakukan sesuatu asalkan tidak ada dalil yang melarang begitupun utang-piutang pada asalnya diperbolehkan dalam syariat Islam. Bahkan orang yang memberikan hutang kepada orang lain sangat dianjurkan karena terdapat pahala yang sangat besar. Praktik utang-piutang bersyarat sangat banyak dilakukan oleh petani di desa Suka Mulya Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Hal ini disebabkan karena masih banyak petani yang kekurang modal dalam penggarapan sawahnya. Biasanya petani berhutang kepada toko obat pertanian untuk memenuhi kebutuhan dalam penggarapan sawah. Dalam perjanjian piutang tersebut, toko obat pertanian memberikan pinjaman namun dengan memberikan syarat kerja sama kepada petani Ketika panen nanti harus menggunakan mesin pemanen padi (combine) miliknya. Dalam penetapan upah pemanenan ditentukan oleh pihak yang memiliki mesin pemanen saja.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Akad Piutang Bersyarat Antara CV Budi Tani dengan Petani di Desa Suka Mulya Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir, 2) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Penetapan Upah Panen Dalam Piutang Bersyarat Antara CV Budi Tani Dengan Petani di Desa Suka Mulya Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Adapun jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan (field research) pendekatan kualitatif. Sedangkan tekhnik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa akad utang piutang bersyarat di desa Suka Mulya berdasarkan hukum Islam dapat dikatakan bahwa akad yang dilakukan telah memenuhi rukun dan syarat dari akad tersebut. Akad piutang bersyarat ini diperbolehkan selama dalam bermuamalah atas dasar suka sama suka, tidak ada paksaan dan tidak ada pihak yang merasa dirugikan Pada penetapan upah panen dalam Al qur’an maupun hadis tidak ada yang mengatur secara khusus dalam penetapan upah. Namun pekerja maupun yang memperkerjakan harus menggunakan prinsip adil dalam penetapan pengupahan dengan bermusyawarah dan dijelaskan lebih rinci di awal agar tidak terjadi gharar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ilham Tanzilulloh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Apr 2021 06:11
Last Modified: 19 Apr 2021 06:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12972

Actions (login required)

View Item View Item