Analisis Sadd al-Dhari@’ah terhadap Peraturan Menteri Agama Nomor 24 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Agama Nomor 30 Tahun 2013 tentang Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji

Sari, Ika Indah (2021) Analisis Sadd al-Dhari@’ah terhadap Peraturan Menteri Agama Nomor 24 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Agama Nomor 30 Tahun 2013 tentang Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
IKA INDAH SARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Haji adalah rukun (tiang agama) Islam yang kelima. Ibadah haji diwajibkan kepada orang yang memiliki kemampuan materiil dan fisik di perjalanan. Mengingat biaya pendaftaran haji yang cukup mahal, maka beberapa bank syariah yang merupakan lembaga intermediating (penghubung antara masyarakat yang kekurangan dana dengan masyarakat yang kelebihan dana) memerankan peran sosialnya yaitu menawarkan produk yang bertujuan untuk membantu nasabah yang ingin mendapatkan porsi haji lebih awal meskipun belum memiliki cukup uang. Produk tersebut dinamai dana talangan haji.
Dalam penelitian ini terdapat tiga fokus pembahasan yaitu: (1) Bagaimana analisis sadd al-dhari@’ah terhadap dana talangan haji dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 24 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Agama Nomor 30 Tahun 2013 tentang Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji ? (2) Bagaimana analisis sadd al-dhari@’ah terhadap alasan Menteri Agama dalam melarang dana talangan haji dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 24 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Agama Nomor 30 Tahun 2013 tentang Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji ? (3) Bagaimana tingkat mad{arrat dari dana talangan haji dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 24 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Agama Nomor 30 Tahun 2013 tentang Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji menurut konsep sadd al-dhari@’ah ?
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data-data dan informasi dengan macam-macam material yang tersedia di perpustakaan, seperti buku, skripsi, jurnal dan naskah-naskah lainnya yang relevan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa jika dilihat dari keperluannya produk dana talangan haji termasuk ke dalam fath} al-dhari@’ah. Karena produk ini memberikan kemaslahatan. Namun, jika dilihat dari alasan Menteri Agama melarang dana talangan haji yang diketahui bahwa alasan tersebut adalah untuk kemaslahatan masyarakat, maka dana talangan haji termasuk ke dalam kategori sadd al-dhari@’ah. Adapun tingkat kemad{arratan dana talangan haji menurut konsep sadd al-dhari@’ah, produk tersebut termasuk dalam kategori perbuatan yang pada dasarnya boleh dilakukan karena mengandung kemaslahatan, tetapi memungkinkan terjadinya kemafsadatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ABDUL MUN'IM
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Apr 2021 06:24
Last Modified: 09 Apr 2021 06:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12964

Actions (login required)

View Item View Item