tinjauan etika bisnis islam dan undang-undang perlindungan konsumen terhadap alat produksi cincau hitam di desa jatisari kecamatan geger kabupaten madiun

Aldana, Lavia Vega (2021) tinjauan etika bisnis islam dan undang-undang perlindungan konsumen terhadap alat produksi cincau hitam di desa jatisari kecamatan geger kabupaten madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
NASKAH SKRIPSI LAVIA VEGA ALDANA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Aldana, Lavia Vega 2021. Tinjauan Etika Bisnis Islam dan Undang-undang Perlindungan Konsumen Terhadap Alat Produksi Cincau Hitam di Desa Jatisari Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Yudhi Achmad Bashori, M.H.I.
Kata Kunci : Etika Bisnis Islam, Undang-undang Perlindungan Konsumen,Alat Produksi Cincau Hitam
Etika bisnis Islam adalah sejumlah perilaku etika bisnis (akhlaq al-Islamiyah) yang dibungkus dengan ketentuan syari’ah. Dalam etika bisnis Islam mengedepankan kejujuran karena kejujuran menjadi cerminan orang yang beriman. Namun saat ini masih terdapat produsen yang belum memenuhi prinsip dari etika bisnis Islam. Seperti pada praktik produksi cincau hitam di Desa Jatisari Kecamatan Geger Kabupaten Madiun dimana mengklaim bahwa alat masak yang digunakan higienis dan bersih namun pada kenyataanya tidak seperti itu. Hal ini juga belum sesuai dengan Undang-undang Perlindungan Konsumen karena dapat merugikan konsumen.
Berdasarkan latar belakang diatas penulis menggunakan dua rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam dan Undang-undang Perlindungan Konsumen terhadap penggunaan drum sebagai alat masak pada produksi cincau hitam di Desa Jatisari Kecamatan Geger Kabupaten Madiun? (2) Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam dan Undang-undang Perlindungan Konsumen terhadap penggunaan ember sebagai alat cetak pada produksi cincau hitam di Desa Jatisari Kecamatan Geger Kabupaten Madiun?
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Dan tekhnik pengumpulan data yaitu mengamati (observasi) pada proses pembuatan cincau hitam di Desa Jatisari Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Menggali informasi dengan wawancara dan dokumentasi. Kemudian menarik kesimpulan dengan pengamatan tersebut.
Berdasarkan penelitian lapangan yang dilakukan penulis dapat menyimpulkan bahwa (1) Dari alat masak yang digunakan dalam produksi cincau hitam di Desa Jatisari Kecamatan Geger Kabupaten Madiun belum sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam karena tidak memenuhi prinsip kehendak bebas, kebenaran dan tanggungjawab. Berdasarkan Undang-undang Perlindungan Konsumen belum sesuai dengan pasal 4 tentang hak konsumen dan belum sesuai dengan pasal 7 kewajiban pelaku usaha yang belum mengusahakan untuk menjaga kebersihan dan higienis dari cincau hitam yang diproduksi. (2) Pada proses pencetakan cincau hitam menggunakan ember plastik belum memenuhi prinsip kehendak bebas dan tanggungjawab. Dan melanggar Undang-undang Perlindungan Konsummen pasal 4 hak konsumen belum terpenuhi dan pasal 7.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yudhi Achmad Bashori
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Apr 2021 02:23
Last Modified: 08 Apr 2021 02:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12961

Actions (login required)

View Item View Item