pelaksanaan pembelajaran metode ummi dalam meningkatkan kemampuan menghafal al-qur’an hadits kelas v di mi mambaul huda al-islamiyah ngabar siman ponorogo tahun pelajaran 2013/2014

Yusniasari, Yuyun (2015) pelaksanaan pembelajaran metode ummi dalam meningkatkan kemampuan menghafal al-qur’an hadits kelas v di mi mambaul huda al-islamiyah ngabar siman ponorogo tahun pelajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
skripsi yuyun.pdf

Download (994kB) | Preview

Abstract

Yusniasari, Yuyun. 2015. Pelaksanaan Pembelajaran Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Hadits Kelas V di Mi Mambaul Huda Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing (I) Retno Widyanimgrum, M.Pd, (II) Esti Yuli Widayanti, SE. M.Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran Metode Ummi, Kemampuan menghafal
Menghafal al-Qur’an dan Hadits menjadi bagian dari upaya untuk memudahkan seseorang di dalam memahami dan mengingat isi kandungan Al-Qur’an dan hadits. Dengan hafal Al-Qur’an dan hadits berarti ikut menjaga keotentikannya serta menjadi amal saleh, tentunya dalam hal ini perlu metode yang tepat sehingga hafalan yang telah tersimpan di dalam memori otak manusia dapat terpelihara dengan baik sehingga hafalannya sangat kuat.
Rumusan masalah penelitian sebagai berikut: (1) Apa yang melatarbelakangi pelaksanaan pembelajaran metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan menghafal al-Qur’an Hadits kelas V di MI Mambaul Huda Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo Tahun Ajaran 2013/2014?, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan menghafal al-Qur’an Hadits kelas V di MI Mambaul Huda Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo Tahun Ajaran 2013/2014?, (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan menghafal al-Qur’an Hadits kelas V di MI Mambaul Huda Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo Tahun Ajaran 2013/2014?
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan peneliti sebagai instrumen kunci. Sedangkan informannya adalah: Kepala sekolah, Guru Kelas, Guru bagian pengajaran al-Qur’an.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: (1) Latar belakang pelaksanaan pembelajaran metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan menghafal al-Qur’an Hadits kelas V di MI Mambaul Huda al-Islamiyah Ngabar adalah untuk lebih mengoptimalkan pembelajaran Metode Ummi yang sebelumnya sudah diterapkan pada kemampuan baca tulis serta kemampuan menghafal al-Qur’an Hadits, (2) Pelaksanaan pembelajaran metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan menghafal al-Qur’an Hadits kelas V di MI Mambaul Huda al-Islamiyah Ngabar adalah pada perencanaannya terdapat penyusunan RPP, pada pelaksanaannya menggunakan metode Ummi untuk meningkatkan kemampuan menghafal, dan hasilnya menunjukkan nilai kemampuan menghafal yang sangat baik, fasih, dan benar, (3) Evaluasi pembelajaran metode Ummi pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits menggunakan bentuk tes obyektif (tes lisan) yang termasuk dalam ranah kognitif yang berhubungan dengan kemampuan berfikir, termasuk di dalamnya kemampuan menghafal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: RETNO WIDYANINGRUM
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Apr 2021 02:15
Last Modified: 07 Apr 2021 02:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12959

Actions (login required)

View Item View Item