Pola Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kitab Nahwu Al-A>Jurumiyyah (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Pakunden Ponorogo)

Gumilar, Gugum (2019) Pola Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kitab Nahwu Al-A>Jurumiyyah (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Pakunden Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
01-digabungkan.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Gumilar, Gugum. 2019. Pola Peningkatan Kualitas Pembelajran Kitab al-A>juru>miyyah (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Pakunden Ponorogo)Skripsi.Fakultas Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. PembimbingDr.Muhammad Thoyib, M.Pd
Kata Kunci: Peninkatan, Pembelajaran Kitab al-A>juru>miyyah
Pesantren sesuai manifestasi lembang pendidikan agama memilikiperan bukan sekedar mengajarkan wawasan keagamaan melainkan wawasan utuh tentang berbagai macam komponen kehidupan kepada para tholabahnya, akan tetapi sebelum melangkah pada jenjang yang lebih tinggi, pesantren mengajarkan berbagai pembelajarannya tesendiri seperti kitab al-A>juru>miyyah yang beisi fan ilmu nahwu yang paling dasar yang harus dikuasai para santri dalam rangka mempelajari kitab kuning yang lebih dalam.
Tujuan penelitian ini adalah (1), untuk mendiskripsikan upaya pengadaan peningkatan pemelajaran kitab kuning terutama kitab al-A>juru>miyyah,(2) mengetahui bagaimana keberhasilan peningkatan pembelajaran kitab kuning terutama pada kitab al-A>juru>miyyah,(#3) mengetahui apa yang menjadi faktor pendorong dan penghambat peningkatan pembelajaran kitab kuning terutama kitab al-A>juru>miyyah.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan konsep Miles dan Huberman, suatu analisis yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan terakhir pengecekan keabsahan temuan yaitu dengan menggunakan teknik triagulasi.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa,(1) upaya peningkatan kualitas pembelajaran kitab al-A>juru>miyyah di pondok pesantren Nurul Qur’an Pakunden Ponorogoadalah kaena adanya banyaknya kemunduran yang terjadi diPondok Pesantren Nurul Qur’an, bukan hanya dari kualitas pembelajarannya melainkan pada semua aspek pendiikan dan non pendidikan yang yang ada seperti kuantitas santri, kegiatan rutin pondok dan lainya, maka diperlukannya suatu terobosan yang dapat meningkatkan itu semua, dan hal tersebut diawali dengan peningkatan kualitas pembelajran yang terbukti dapat menggait keseluruhan aspek tadi dan bahkan juga meningkatkan prestasi santri dalam berbagai ajang yang diikuti diluar pondok.(2) Sedangkan analisis keberhasilan peningkatan kualitas pembelajaran kitab al-A>juru>miyyah di pondok pesantren Nurul Qur’an Pakunden Ponorogo adalah dengan dapatnya santri menguasai kompetensi tertentu yang dianggap sebagai tolak ukur santri telah sukses dalam melalui pembelajaran.(3) Faktor pendorong dan penghambat peningkatan kualitas pembelajaran kitab al-A>juru>miyyah di pondok pesantren Nurul Qur’an Pakunden Ponorogo adalah faktor internal dan eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Apr 2021 02:12
Last Modified: 07 Apr 2021 02:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12958

Actions (login required)

View Item View Item