Analisis Fatwa DSN-MUI No: 16/ DSN-MUI /IX/2000 Tentang Diskon Dalam Mura>bah{ah Terhadap Implementasi Diskon dalam Akad Mura>bah{ah di BMT Hasanah Ponorogo

Nur'Aini, Latifah (2021) Analisis Fatwa DSN-MUI No: 16/ DSN-MUI /IX/2000 Tentang Diskon Dalam Mura>bah{ah Terhadap Implementasi Diskon dalam Akad Mura>bah{ah di BMT Hasanah Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210217012_LATIFAH NUR'AINI_HES.pdf

Download (565kB) | Preview

Abstract

Nur’Aini, Latifah. 2021. Analisis Fatwa DSN-MUI No: 16/DSN-MUI/IX/2000 Tentang Diskon Dalam Mura>bah{ah Terhadap Implementasi Diskon dalam Akad Mura>bah{ah di BMT Hasanah Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Atik Abidah, M.S.I.
Kata kunci/keyword: Fatwa No: 16/DSN-MUI/IX/2000, Diskon Mura>bah{ah
DSN-MUI telah mengeluarkan beberapa fatwa terkait mura>bah{ah, salah satunya yaitu Fatwa DSN-MUI No: 16/DSN-MUI/IX/2000 Tentang Diskon Dalam Mura>bah{ah. Mura>bah{ah adalah jual beli barang dengan harga jual adalah harga beli beserta keuntungan bagi LKS. BMT Hasnaah merupakan salah satu BMT yang melaksanakan pembiayaan mura>bah{ah. Ketika melakukan transaksi mura>bah{ah seringkali BMT Hasanah mendapatkan diskon dari supplier. Diskon yang diberikan supplier kemudian menjadi milik BMT Hasanah. Pemberian diskon ini tentu akan mempengaruhi harga beli dan harga jual BMT Hasanah dalam akad mura>bah{ah.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana analisis fatwa DSN-MUI No: 16/DSN-MUI/IX/2000 Tentang Diskon dalam Mura>bah}ah terhadap mekanisme pemberian diskon dalam akad mura>bah}ah di BMT Hasanah Ponorogo? (2) Bagaimana analisis fatwa DSN-MUI No: 16/DSN-MUI/IX/2000 Tentang Diskon dalam Mura>bah}ah terhadap penentuan harga dan keuntungan dalam akad mura>bah}ah di BMT Hasanah Ponorogo?
Penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deduktif, yaitu pembahasan yang diawali dengan mengemukakan dalil-dalil, teori-teori, atau ketentuan yang bersifat umum dan selanjutnya dikemukakan kenyataan yang bersifat khusus.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mekanisme diskon di BMT Hasanah ada yang tidak sesuai dan ada yang sesuai dengan ketentuan fatwa. Dalam hal adanya diskon dari supplier pada akad mura>bah}ah, diskon dimiliki oleh BMT Hasanah. Hal ini tidak sesuai dengan ketentuan nomor tiga fatwa No: 16/DSN-MUI/IX/2000 yang berbunyi “jika dalam jual beli mura>bah{ah LKS mendapat diskon dari supplier, harga sebenarnya adalah harga setelah diskon; karena itu, diskon adalah hak nasabah.” Sementara dalam akad mura>bah}ah bil wakalah diskon diberikan kepada nasabah sebagai pengurang harga pokok BMT Hasanah, hal ini telah sesuai dengan ketentuan fatwa tersebut. Sedangkan untuk penentuan harga dan keuntungan dalam akad mura>bah}ah sudah sesuai dengan ketentuan nomor dua fatwa No: 16/DSN-MUI/IX/2000 yang mensyaratkan adanya kesepakatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Atik Abidah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Apr 2021 04:07
Last Modified: 05 Apr 2021 04:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12941

Actions (login required)

View Item View Item