Strategi Pemasaran Produk Tabungan Hijrah Prima Berhadiah Pada Masa Pandemi Covid-19 Di PT. Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun

Priyanti, Novi Anggarani Agustin (2021) Strategi Pemasaran Produk Tabungan Hijrah Prima Berhadiah Pada Masa Pandemi Covid-19 Di PT. Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
NOVIA ETHESIS-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena pentingnya suatu strategi pemasaran bagi perbankan terlebih lagi dimasa pandemi Covid-91. Perkembangan jumlah nasabah Tabungan Hijrah Prima Berhadiah di PT. Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun pada tahun 2020 mengalami penurunan jumlah nasabah secara signifikan yaitu 70% pada masa pandemi Covid-19. Padahal sebelum masa pandemi Covid-19 produk ini adalah salah satu produk tabungan yang paling diminati oleh nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi segmentasi dan bauran pemasaran produk Tabungan Hijrah Prima Berhadiah pada saat pandemi Covid-19.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan kualitatif yaitu jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara dan dokumentasi.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi segmentasi terdiri atas empat jenis yaitu segmentasi geografis, demografis, psikografis dan perilaku. Akan tetapi produk Tabungan Hijrah Prima Berhadiah pada PT. Bank Muamalat KCP Madiun hanya menggunakan segmentasi geografis dan demografis, sehingga dalam hal ini terdapat dua hal yang belum diterapkan oleh PT. Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun, yaitu segmentasi psikografi dan segmentasi perilaku sehingga kurang efektif dan optimal dalam meningkatkan jumlah nasabah. Sedangkan strategi bauran pemasaran yang digunakan oleh PT. Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun menggunakan seluruh aspek yaitu 7P (Product, Price, Place, Promotions, People, Physical Evidence, Process) namun di masa pandemi Covid-19 strategi yang lebih diunggulkan yaitu pada aspek product, promotions and process. Sehingga dalam hal ini strategi price, place, people dan physical evidence tidak jauh berbeda dari sebelum adanya pandemi Covid-19 dengan setoran awal minimal Rp. 100.000.000,00 yang dinilai terlalu tinggi dan memberatkan bagi pihak nasabah yang tidak memiliki penghasilan tetap tetapi menginginkan menabung produk Tabungan Hijrah Prima Berhadiah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhtadin Amri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Apr 2021 04:06
Last Modified: 05 Apr 2021 04:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12939

Actions (login required)

View Item View Item