Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Preset Lightroom Di Akun Instagram @ruangterang_id.

Utami, Siska Putri (2021) Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Preset Lightroom Di Akun Instagram @ruangterang_id. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WATERMARK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Utami, Siska Putri, 2021, Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Preset Lightroom Di Akun Instagram @ruangterang_id. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh. Mukhlas, M. Pd.

Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Jual Beli, Instagram, Preset, Lightroom.

Dalam Etika Bisnis Islam, setiap umatya diperbolehkan untuk berbisnis namun tidak diperbolehkan untuk menghalalkan segala cara demi mendapat keuntungan, sehingga terdapat batasan dan aturan yang mengatur. Jual beli di era kemajuan teknologi saat ini dilakukan dengan online, yakni tanpa harus bertatap muka suatu transaksi jual beli dapat dilakukan dengan menggunakan smartphone, salah satunya pada akun Instagram @ruangterang_id yang menjual preset Lightroom.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan Etika Binsis Islam terhadap promosi penjual dalam transaksi jual beli preset Lightroom di akun Instagram @ruangterang_id? (2) Bagaimana tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap kepemilikan barang yang dijadikan sebagai objek pada transaksi jual beli preset Lightroom di akun Instagram @ruangterang_id?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisi yang digunakan menggunakan metode induktif yaitu dari mengemukakan fakta-fakta empirik yang bersifat khusus dari hasil penelitian kemudian diakhiri dengan kesimpulan bersifat umum.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa promosi pihak owner dalam jual beli preset Lightroom di akun Instagram @ruangterang_id ini menurut prinsip kesatuan, prinsip keadilan, dan prinsip kejujuran tidak sesuai karena pada promosinya pihak owner memang benar menjual dengan harga murah mendapatkan banyak preset akan tetapi efek preset yang diterima kebanyakan sama hasilnya setelah diaplikasikan ke sebuah foto. Pada objek yang ternyata bukan 100% kepemilikan pihak owner hal ini tidak sesuai dengan keadilan, prinsip tanggung jawab dan prinsip kejujuran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Apr 2021 02:08
Last Modified: 12 Apr 2021 04:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12936

Actions (login required)

View Item View Item