Pengaruh ROE, EPS, Dan NPM Terhadap Harga Saham Perusahaan Farmasi Pada ISSI Periode 2014-2019

Murnianingsih, Yulia (2021) Pengaruh ROE, EPS, Dan NPM Terhadap Harga Saham Perusahaan Farmasi Pada ISSI Periode 2014-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Murnianingsih, Yulia. Pengaruh ROE, EPS, dan NPM Terhadap Harga Saham Perusahaan Farmasi Pada ISSI Periode 2014-2019. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Moh Faizin, M.S.E.
Kata Kunci: Saham, ISSI, ROE, EPS, NPM
Saham adalah sebuah bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan. Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) adalah keseluruhan saham yang tergabung dalam Daftar Efek Syariah (DES) dan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dimana saat ini jumlah konstituen Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) sudah lebih 200 saham. Para investor sebelum berinvestasi di perusahaan, perlu melakukan analisis rasio keuangan perusahaan sehingga mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham seperti ROE, NPM, EPS.
Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang bersifat kuantitatif yang terdiri dari data tahunan variable harga saham, ROE, variabel EPS, dan variabel NPM. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh ROE, EPS, dan NPM Terhadap Harga Saham Perusahaan Farmasi Pada ISSI Periode 2014-2019. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel yang sebelumnya telah melewati pengujian tahapan metode estimasi panel, pemilihan model regresi panel, uji asumsi klasik dan uji signifikasi dengan menggunakan sofware Eviews. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ROE terbukti berpengaruh signifikan dan positif terhadap harga saham. EPS terbukti berpengaruh signifikan dan posif terhadap harga saham. NPM terbukti berpengaruh tidak signifikan dan positif terhadap harga saham. Secara simultan ROE, EPS, dan NPM terbukti signifikan terhadap harga saham pada ISSI.
Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa nilai Adjusted R Square = 0,484920 hal ini berarti kemampuan variabel-variabel independen yang terdiri dari variabel ROE, EPS, dan NPM dalam menjelaskan variabel dependen yaitu harga saham pada ISSI periode 2014-2019 sebesar 48,49% sisanya 51,11% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh Faizin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Mar 2021 02:45
Last Modified: 29 Mar 2021 02:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12924

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item