Pembingkaian Pemberitaan Penyerangan Kelompok Intoleran pada Acara Midodareni di Solo (Analisis Framing cnnindonesia.com dan kompas.com Periode 10 Agustus-21 September 2020)

Amiliya, Lina (2021) Pembingkaian Pemberitaan Penyerangan Kelompok Intoleran pada Acara Midodareni di Solo (Analisis Framing cnnindonesia.com dan kompas.com Periode 10 Agustus-21 September 2020). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
NASKAH SKRIPSI-LINA AMILIYA-211017027-KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM-IAIN PONOROGO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Lina Amiliya. 2021. Pembingkaian Pemberitaan Penyerangan Kelompok Intoleran pada Acara Midodareni di Solo (Analisis Framing cnnindonesia.com dan kompas.com Periode 10 Agustus-21 September 2020) Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Asna Istya Marwantika, M.Kom.I
Kata Kunci: Media Online, Framing, Toleransi Beragama, Midodareni
Media online menjadi media yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada publik. Kelebihan yang dimiliki media online dibanding media cetak yaitu kecepatan dalam menyampaikan berita jauh lebih cepat. Contoh kasus penyerangan kelompok intoleran pada acara Midodareni di rumah keluarga Umar Assegaf di Solo diberitakan oleh media online cnnindonesia.com dan kompas.com. Penelitian ini meneliti 6 berita yang diterbitkan oleh cnnindonesia.com dan kompas.com periode 10 Agustus-21 September 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana cnnindonesia.com dan kompas.com membangun struktur wacana framing seperti sintaksis, skrip, tematik, dan retoris dalam pemberitaan penyerangan kelompok intoleran pada acara midodareni di Solo.
Adapun rumusan masalahnya yaitu (1) bagaimana cnnindonesia.com membangun struktur wacana framing berupa sintaksis, skrip, tematik, dan retoris dalam pemberitaan penyerangan kelompok intoleran pada acara midodareni di Solo? (2) bagaimana kompas.com membangun struktur wacana framing berupa sintaksis, skrip, tematik, dan retoris dalam pemberitaan penyerangan kelompok intoleran pada acara midodareni di Solo?. Sedangkan metode yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan analisis framing model Zongdang Pan dan Gerald M Kosicki.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Struktur wacana framing : sintaksis, skrip, tematik, dan retoris yang dilakukan oleh cnnindonesia.com terkait kasus penyerangan kelompok intoleran pada acara Midodareni di Solo dilakukan dengan cara menekankan kepada pihak berwenang seperti Kapolresta Solo Kombes Polisi Andy Rifa’i, Kapolda Jateng Inspektur Jenderal Ahmad Lutfi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, serta Komnas HAM Beka Ulung Hapsara dengan tidak memberitakan dari sisi pihak korban yaitu keluarga Umar Assegaf dan sisi pihak pelaku yang berinisial BD dan HD. (2) Struktur wacana framing berupa sintaksis, skrip, tematik, dan retoris yang dilakukan oleh kompas.com terkait kasus penyerangan kelompok intoleran pada acara Midodareni di Solo dilakukan dengan cara menekankan kronologis berita tanpa melihat sudut pandang dari sisi korban yaitu keluarga Umar Assegaf dan sisi pelaku yang berinisial BD dan HD dengan diperkuat oleh pernyataan atau opini dari kompas.com serta gambar yang dugunakan dalam berita tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Asna Istya Marwantika
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Mar 2021 02:37
Last Modified: 24 Mar 2021 02:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12915

Actions (login required)

View Item View Item