Tinjaun Hukum Islam Terhadap Jual Beli di Perkebunan Karet Desa Teluk Jaya Kecamatan Kelekar Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan

Nadia, Nadia (2021) Tinjaun Hukum Islam Terhadap Jual Beli di Perkebunan Karet Desa Teluk Jaya Kecamatan Kelekar Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
NADIA e thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nadia. 210216097. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Di Perkebunan Karet Desa Teluk Jaya Kecamatan Kelekar Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing. Imroatul Munfaridah, M.S.I.
Kata Kunci : Jual beli, Karet, Hukum Islam.
Dalam kehidupan sehari-hari masih banyak jual beli yang dilakukan untuk memperoleh kemudahan tanpa mengetahui apakah jual beli itu sudah sesuai dengan Hukum Islam ataukah bertentangan. Sebagaimana jual beli yang dilakukan masyarakat Desa Teluk Jaya Kecamatan Kelekar Kabuaten Muara Enim Sumatera Selatan merupakan jual beli yang dilakukan toke/pengepul karet karet dimana kalangan menengah bawah yang kesulitan dalam mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, mereka memilih untuk berhutang kepada toke/pengepul karet tersebut, kemudian toke/pengepul karet memberi syarat kepada petani karet sebagai yang berhutang agar hasil panennya itu di jual kepada toke/pengepul karet pemberi hutang. Dalam penetapan harga jual tersebut terdapat harga yang tidak tidak sesuai dari harga asli di pasar. Berawal dari masalah tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai ”Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli di Perkebunan Karet Desa Teluk Jaya Kecamatan Kelekar Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan”.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap akad jual beli karet di Perkebunan Desa Teluk Jaya Kecamatan Kelekar Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan? (2) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap penetapan harga jual karet di Perkebunan Desa Teluk Jaya Kecamatan Kelekar Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan?
Adapun jenis penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu dengan menggunakan metode kualitatif lapangan. Sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan penulis adalah metode deduktif dengan pendekatan Hukum Islam.
Dapat disimpulkan bahwa: pertama Akad jual beli di perkebunan karet Desa Teluk Jaya belum memenuhi syarat dan rukunnya dan termasuk jual beli yang fasid, karena akad jual beli yang dilakukan oleh toke yang menjadi syarat terjadinya utang piutang tersebut antara petani dan toke termasuk kategori jual beli paksaan maka tidak diperbolehkan oleh Hukum Islam. Kedua: Penetapan harga jual beli di Perkebunan karet Desa Teluk Jaya tidak sesuai dengan harga normal di pasaran sehingga dapat merugikan salah satu pihak yaitu petani karet, maka penetapan harga dalam jual beli ini fasid dan tidak diperbolehkan dalam Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: IMROATUL MUNFARIDAH
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Mar 2021 02:24
Last Modified: 17 Mar 2021 02:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12888

Actions (login required)

View Item View Item