Strategi Pemasaran dalam Menarik Minat Masyarakat Menggunakan Produk Tabungan Impian di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ngawi

Amin, Fiki Hidayatul (2021) Strategi Pemasaran dalam Menarik Minat Masyarakat Menggunakan Produk Tabungan Impian di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817026_FIKI HIDAYATUL AMIN_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Amin, Fiki Hidayatul. 2021. Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Masyarakat Menggunakan Produk Tabungan Impian Di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ngawi. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah. Pembimbing, Yulia Anggraini S.A.B., M.M.
Kata Kunci: bauran pemasaran, segmentasi pasar, target pasar, posisi pasar
Dalam teori pemasaran yang dikemukakan oleh Kasmir, strategi pemasaran yang dilakukan menggunakan 4P yaitu, produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion). Sedangkan dalam pemasaran jasa memiliki alat pemasaran tambahan yaitu orang (people), proses (process), dan bukti fisik (physical evidence) sehingga dikenal dengan marketing mix 7P. Perkembangan jumlah nasabah Tabungan Impian BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ngawi untuk kemudian disebut dengan KCP Ngawi sangat rendah. Kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ngawi sudah maksimal akan tetapi jumlah nasabah yang menggunakan produk Tabungan Impian masih minim sekali.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara dan observasi.
Hasil penelitian ini adalah rendahnya minat masyarakat menggunakan produk Tabungan Impian disebabkan oleh kurangnya pengetahuan masyarakat tentang produk Tabungan Impian, masyarakat masih terbiasa menggunakan bank konvensional dalam bertransaksi, serta tidak adanya fasilitas ATM sehingga masyarakat enggan untuk memilih produk Tabungan Impian. Pelaksanaan strategi promotion yang dilakukan oleh pihak bank hanya personal selling sehingga strategi pemasaran yang lainnya kurang berjalan dengan maksimal. Strategi segmentation, BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ngawi hanya menerapkan segmentasi demografis dan geografis saja, sedangkan untuk segmentasi sosioekonomi, segmentasi psikografis, dan segmentasi perilaku kurang diperhatikan. Untuk target pasar sasaran belum ada, masih bersifat umum untuk semua masyarakat. Dalam hal ini, peneliti menyarankan agar strategi promosi, strategi segmentasi pasar yang lainnya juga digunakan serta target pasar juga ditentukan sehingga jumlah nasabah pengguna produk Tabungan Impian semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yulia Anggraini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Mar 2021 02:08
Last Modified: 15 Mar 2021 02:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12881

Actions (login required)

View Item View Item