Peran Pengurus dalam Mendisiplinkan dan Memotivasi Santri di Ma’had Al-Jami’ah Ulil Abshar IAIN Ponorogo.

Asropi, Juni (2021) Peran Pengurus dalam Mendisiplinkan dan Memotivasi Santri di Ma’had Al-Jami’ah Ulil Abshar IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Juni Asropi_ Peran Pengurus Dalam Mendisiplikan dan memotivasi santri di Mahad Al-Jami'ah Ulil Abshar.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Asropi, Juni. 2021. Peran Pengurus dalam Mendisiplinkan dan Memotivasi Santri di Ma’had Al-Jami’ah Ulil Abshar IAIN Ponorogo. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam, Fakultas Ushuluddin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing, Kayyis Fithri Ajhuri, M. A
Kata Kunci: Peran Pengurus, Motivasi. Disiplin, Santri.
Pengurus mempunyai peran membimbing, membina, dan mengarahkan santri, terutama dalam lembaga Islam. Salah satunya Ma’had Al-Jami’ah Ulil Abshar IAIN Ponorogo. Dalam setiap proses kegiatan pengurus mempunyai peranan yang sangat penting, karena tanpa adanya pengurus semua kegiatan tidak dapat terlaksana. Hal ini tentu ada kaitannya dengan seorang santri, dalam proses kegiatan banyak santri yang tidak disiplin dalam mengikuti baik itu kegiatan peribadatan, kegiatan pembelajaran dan kegiatan lainnya. Jadi sangat perlu adanya penanaman kedisiplinan dan pemberian motivasi pada santri.
Penelitian ini bertujuan untuk (1). Mendeskripsikan peran pengurus dalam mendisiplinkan santri di Ma’had Al-Jami;ah Ulil Abshar IAIN Ponorogo. (2). Mendeskripsikan peran pengurus dalam memotivasi santri di Ma’had Al-Jami;ah Ulil Abshar IAIN Ponorogo. (3). Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat peran pengurus dalam mendisiplinkan dan memotivasi santri di Ma’had Ulil Abshar IAIN Ponorogo. Penelitian ini menggunakan partisipatoris kualitatif, dengan mengambil lokasi di Ma’had Al-Jami’ah Ulil Abshar IAIN Ponorogo. Objek dalam penenlitian ini adalah pengurus di Ma’had Al Jami’ah Ulil Abshar IAIN Ponorogo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yaitu model interaktif dengan langkah-langkah: Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan Kesimpulan.
Berdasarkan proses pengumpulan dan analisis data peneliti ini menghasilkan 3 temuan bahwa (1) Peran pengurus dalam mendisiplinkan santri di Ma’had yaitu dengan menegur, memberikan sanksi, memberikan ta’zir, menulis surat Yasiin, istigfar, menghafalkan surat-surat pilhan, sidang, dan diberikan surat peringatan.. (2) Peran Pengurus dalam memotivasi santri Ma’had yaitu dengan mendekati dan menjalin komunikasi yang baik kepada santri yang dimotivasi lalu memberikan nasihat-nasihat dan mengarahkannya dalam hal positif. (3) Faktor pendukung dan penghambat pengurus dalam mendisplinkan dan memotivasi santri. Faktor pendukung peran pengurus dalam mendisiplinkan santri yaitu adanya peraturan, adanya intensitas waktu yang lama bersama santri, dan adanya bapak kamar. sarana prasarana yang lengkap, tata tertib. Sedangkan faktor yang mendukung pengurus dalam memotivasi santri yaitu karena kesadaran dari pengurus, adanya teman-teman pengurus, karena adanya tanggung jawab. Faktor penghambat pengurus dalam mendisiplinkan santri yaitu banyaknya kegiatan yang diikuti santri dan mereka tidak bisa mengimbanginya, kurangnya sikap menghargai tata tertib yang ada. Sedangkan faktor penghambat dalam memotivasi santri yaitu pertemanan, lingkungan, pendirian santri yang kurang kuat, sulit dinasehati.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Mar 2021 03:19
Last Modified: 23 Mar 2021 03:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12876

Actions (login required)

View Item View Item