penggunaan emoji dalam komunikasi pembelajaran daring melalui media whatsapp (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo Angkatan Tahun 2018)

Maulidina, Dewi Hidayatul (2021) penggunaan emoji dalam komunikasi pembelajaran daring melalui media whatsapp (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo Angkatan Tahun 2018). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Dewi Hidayatul Maulidina-upload ethesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Maulidina, Dewi Hidayatul. 2021. Penggunaan emoji dalam komunikasi pembelajaran daring melalui media whatsapp (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo Angkatan Tahun 2018). Skripsi. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Galih Akbar Prabowo, M.A.

Kata Kunci : Emoji pada Komunikasi Pembelajaran Daring.

Pembelajaran daring merupakan proses pembelajaran jarak jauh yang dilakukan karena adanya pandemi covid-19. Proses pembelajaran tersebut berjalan dengan memanfaatkan beberapa media komunikasi, salah satunya yakni menggunakan media whatsapp. Dengan media whatsapp khususnya melalui chat tentunya pesan yang disampaikan dalam proses komunikasi tersebut tidak dapat diekspresikan ataupun diintonasikan secara langsung. Padahal perlu adanya komunikasi nonverbal agar pesan dapat tersampaikan dengan baik sehingga tidak terjadi miss komunikasi. Mayrina Eka Prasetyo Budi M.Psi menggunakan emoji sebagai komunikasi nonverbal ketika berkomunikasi dengan mahasiswanya dalam pembelajaran daring. Penggunaan emoji tersebut memiliki tujuan sehingga proses komunikasi dapat diarahkan dan dapat dirancang demi mencapai tujuan yang diharapkan. Sehingga dampak dari penggunaan emoji menjadi penting, karena di sanalah nanti akan diketahui apakah tujuan tersebut tercapai atau tidak.

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) menjelaskan tujuan penggunaan emoji pada proses komunikasi pembelajaran daring mata kuliah Keterampilan Komunikasi Konseling oleh Mayrina Eka Prasetyo Budi melalui media whastapp. 2) menjelaskan bagaimana dampak penggunaan emoji pada proses komunikasi pembelajaran daring mata kuliah Keterampilan Komunikasi Konseling oleh Mayrina Eka Prasetyo Budi M.Psi melalui media whastapp.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data digunakan metode wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data, penulis menggunakan analisis data interaktif dengan cara deskriptif data dikumpulkan yang kemudian disajikan dalam bentuk kata-kata deskriptif dan gambar. Laporan penelitian memuat kutipan-kutipan data sebagai ilustrasi dan dukungan fakta pada penyajian.

Penelitian ini menyimpulkan bahwasannya, 1) tujuan penggunaan emoji dalam proses komunikasi pembelajaran daring oleh Mayrina Eka Prasetyo Budi M.Psi melalui media whastapp adalah untuk memberikan informasi, mengekspresikan emosi, mengatur alur percakapan forum perkuliahan, memberikan sifat, melengkapi, menentang, menggantikan dan mengembangkan pesan verbal tertulis yang dikirimkan, mengendalikan atau memengaruhi mahasiswanya agar aktif. 2) penggunaan emoji dalam proses komunikasi pembelajaran daring oleh Mayrina Eka Prasetyo Budi M.Psi melalui media whastapp berdampak secara kognitif yakni pengetahuan, berdampak afektif yakni rasa atau perasaan dan berdampak secara behavior berupa respon mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Galih Akbar Prabowo
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Feb 2021 06:34
Last Modified: 22 Feb 2021 06:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12831

Actions (login required)

View Item View Item