Implementasi Fatwa Nomor 06/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Jual Beli Istis{na>’ Terhadap Pembiayaan Kepemilikan Rumah Syariah Di PT. Sabab Podho Moro Desa Sumberejo Kecamatan Geger Kabupaten Madiun

A'yun, Qonita Qurrota (2021) Implementasi Fatwa Nomor 06/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Jual Beli Istis{na>’ Terhadap Pembiayaan Kepemilikan Rumah Syariah Di PT. Sabab Podho Moro Desa Sumberejo Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
NASKAH SKRIPSI-QONITA QURROTA A'YUN-HUKUM EKONOMI SYARIAH-210217103.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

A’yun, Qonita Qurrota 2020. Implementasi Fatwa Nomor 06/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Jual Beli Istis{na>’ Terhadap Pembiayaan Kepemilikan Rumah Syariah Di PT. Sabab Podho Moro Desa Sumberejo Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing Hj. Rohmah Maulidia, M.Ag.
Kata Kunci: Jual Beli Istis{na>’, Pembiayaan, Rumah Syariah, Fatwa Dewan Syariah Nasional
Perumahan Griya As-Sakinah PT. Sabab Podho Moro merupakan salah satu unit usaha yang bergerak dalam bidang penjualan rumah syariah.
Dalam pembiayaan kredit kepemilikan rumah syariah PT. Sabab Podho Moro berpedoman pada Fatwa Nomor 06/DSN-MUI/IV/2000 tentang Jual Beli Istis{na>’. Akad jual beli yang digunakan oleh PT. Sabab Podho Moro adalah akad istis{na>’ tunggal. Dalam pelaksanaan pembiayaan KPRS PT. Sabab Podho Moro telah memperbolehkan pembeli untuk menambah spesifikasi baru, dan menambah bahan baku pada saat proses pembangunan berlangsung. Adapun terkait dengan peneraan hak khiyar, PT. Sabab Podho Moro tidak memberikan hak khiyar secara mutlak kepada pembeli.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana implementasi fatwa No.06/DSN-MUI/IV/2000 tentang Jual Beli Istis{na>’ terhadap akad jual beli istis{na>’ dalam pembiayaan kepemilikan rumah syariah di PT. Sabab Podho Moro Desa Sumberejo Kecamatan Geger Kabupaten Madiun, dan Bagaimana implementasi fatwa No.06/DSN-MUI/IV/2000 tentang Jual Beli Istis{na>’ terhadap penerapan hak khiya>r dalam pembiayaan kepemilikan rumah syariah di PT. Sabab Podho Moro Desa Sumberejo Kecamatan Geger Kabupaten Madiun.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah metode induktif yaitu metode yang menekankan pada pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rohmah Maulidia
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Feb 2021 02:52
Last Modified: 19 Feb 2021 02:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12825

Actions (login required)

View Item View Item