Pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan strategi group investigation dan model pembelajaran konvensional terhadap keterampilan interpersonal siswa kelas iv mi sabilil islam ketandan dagangan madiun tahun ajaran 2019/2020

Khakim, Arinul (2019) Pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan strategi group investigation dan model pembelajaran konvensional terhadap keterampilan interpersonal siswa kelas iv mi sabilil islam ketandan dagangan madiun tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI UPLOAD Arinul Khakim.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Khakim, Arinul. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Menggunakan Strategi Gorup Investigation dan Model Pembelajaran Konvensional Terhadap Keterampilan Interpersonal Siswa Kelas IV MI Sabilil Islam Dagangan Madiun. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.Pembimbing , Dr. Moh. Miftachul Choiri, MA

Kata Kunci: Group Investigation, model pembelajaran konvensional, Keterampilan inerpersonal
Keterampilan interpersonal adalah kemampuan untuk memahami orang lain, serta keterampilan untuk mengenali dan merespon secara layak dan baik perasaan orang lain. Kemampuan ini mengukur kompleksitas dan kedalaman pemahaman terhadap orang lain. Sikap menghargai antar teman dan merespon rangsangan dari guru masih kurang. Hal ini kemudian menjadikan indikasi bahwa keterampilan interpersonal di MI Sabilil Islam Madiun masih belum maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap keterampilan interpersonal siswa kelas IV MI Sabilil Islam Dagangan Madiun, (2) pengaruh model pembelajaran konvensional terhadap keterampilan interpersonal siswa kelas IV MI Sabilil Islam Dagangan Madiun, dan (3) pengaruh model pembelajaran group investigation dan model pembelajaran konvensional terhadap keterampilan interpersonal siswa kelas IV MI Sabilil Islam Dagangan Madiun.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas IV MI Sabilil Islam Madiun dengan jumlah 40 siswa, dengan 20 siswa untuk kelas yang menggunakan model pembelajaran group investigation dan 20 siswa untuk kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel adalah sampel populasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Anova(Analysis of Varience).
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran group investigation terhadap keterampilan interpersonal siswa kelas IV MI Sabilil Islam Dagangan Madiun. Besar pengaruhnya adalah 19,2%, sedangkan 80,8 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara model pembeljaran konvensional terhadap keterampilan interpersonal siswa kelas IV MI Sabilil Islam Dagangan Madiun. Besar pengaruhnya adalah 59,5%, sedangkan 40,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran group investigation dan pembelajaran konvensional terhadap keterampilan interpersonal siswa kelas IV MI Sabilil Islam Dagangan Madiun. Besar pengaruhnya adalah 60,4%, sedangkan 39,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Feb 2021 02:22
Last Modified: 18 Feb 2021 02:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12822

Actions (login required)

View Item View Item