Upaya Guru Mengembangkan Minat Belajar Siswa Dalam Film The Ron Clark Story

Musyarofah, Alma (2020) Upaya Guru Mengembangkan Minat Belajar Siswa Dalam Film The Ron Clark Story. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Alma Musyarofah (210614072).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Musyarofah, Alma. 2020. Upaya Guru Mengembangkan Minat Belajar Siswa Dalam Film The Ron Clark Story. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Umi Rohmah, M.Pd.I.

Kata Kunci : Minat Belajar Anak, Film The Ron Clark Story

Fakta di lapangan terkait minat belajar yang dimiliki anak rendah dan lebih tertarik dengan kegiatan lain. Anak lebih tertarik bermain gadget sendiri dan berbicara dengan teman sebelah tanpa memperhatikan penjelasan guru. Pada saat diskusi anak mengobrol dengan kelompoknya di luar tema diskusi. Minat belajar seseorang tidaklah selalu stabil, melainkan selalu berubah. Oleh karena itu perlu diarahkan dan dikembangkan kepada sesuatu pilihan yang telah ditentukan melalui faktor-faktor yang mempengaruhi minat itu.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa dalam film “ The Ron Clark Story”, dan (2) untuk mendeskripsikan bagaimana metode mengembangkan minat belajar siswa dalam film “ The Ron Clark Story”.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis kepustakaan (Library Research). Pengumpulan data dalam penelitian ini didasarkan pada data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah film “The Ron Clark Story”. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, serta analisis data menggunakan metode analisis isi (content analysis). Langkah-langkah analisis isi meliputi: (a) memutar film yang dijadikan objek penelitian, (b) mentransfer adegan yang ada dalam film ke dalam bentuk tulisan, (c) menganalisa isi dan metode, untuk kemudian disinkronkan berdasarkan materi dan teori yang terdapat dalam film (d) mencari buku yang sesuai dengan teori, dan (e) mengkomunikasikan dengan buku-buku dan landasan teori yang digunakan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa rendah dalam film “The Ron Clark Story” diantaranya: faktor dorongan dari dalam diri individu, motif sosial, dan emosional yang menjelaskan mengapa anak dan remaja berperilaku demikian, (2) metode mengembangkan minat belajar siswa dalam film “The Ron Clark Story” yaitu; menggunakan berbagai macam teknik mengajar, menghubungkan bahan pelajaran dengan persoalan pengalaman yang dimiliki anak, menyediakan lingkungan belajar yang kreatif dan kondusif, dan memelihara minat yang timbul dalam diri anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Feb 2021 02:42
Last Modified: 03 Feb 2021 02:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12821

Actions (login required)

View Item View Item