Hurmaini, Sofi (2020) peran guru dalam meningkatkan moral anak usia dini di tk it qurrota a'yun ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
UPLOAD E THESIS SHOFI.pdf Download (28MB) | Preview |
Abstract
Hurmaini,Sofi.2020.Peran Guru dalam Meningkatkan Moral Anak Usia Dini di TK IT Qurrota A’yun Ponorogo.Skripsi,Pendidikan Islam Anak Usia Dini,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri(IAIN)
Ponorogo.Pembimbing,Dr.UmiRohmah,M.Pd.I.
KataKunci:PeranGuru,MoralAnakUsiaDini
Moral adalah suatu hukum prilaku yang diterapkan kepada setiap individu dalam bersosialisasi dengan sesamanya sehingga terjalin rasa hormat dan menghormati antar sesama. Peningkatan perkembangan moral pada anak harus ditingkatkan sejak usia dini.Fakta ditemukan bahwa peserta didik di TK IT Qurrota
A’yun Ponorogo sudah baik moralnya namun,ada beberapa anak yang menganggu temannya tanpa sebab,sehingga anak tersebut menganggu konsentrasi temannya
dalam pembelajaran baik di kelas maupun diluar,dan juga ada salah satu anak
yang tanpa sengaja memukul temannya tanpa sebab,sehingga guru melerai anak
tersebutdengansebuahnyanyian.
Tujuanpenelitianiniadalah:1)untukmengetahuibagaimanaperanguru
sebagaipembimbingdalam meningkatkanmoralanakusiadinidiTKITQurrota
A’yunPonorogo;,dan2)untukmengetahuibagaimanaperangurusebagaipendidik
dalammeningkatkanmoralanakusiadinidiTKITQurrotaA’yunPonorogo
Pendekatanpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiankualitatif.Jenis
penelitianyangdigunakanyaitustudikasus.Teknikpengumpulandatadalam
penelitianinimenggunakanwawancara,dandokumentasi.Adapunteknikanalisis
datamengikutikonsepyangdikemukakanolehMilesdanHubermanyaitureduksi
data,penyajiandata,danpenarikankesimpulan.
Darianalisisdatadisimpulkanbahwa:1).perangurusebagaipembimbing
dalam meningkatkanmoralanakusiadinidiTKITQurrotaA’yunPonorogoadalah
sesuaidenganmoralitasprakonvensionalanakyangtidakpatuhsesuaidengan
aturanmakadikenaihukuman,semisalanakyangmemukultemannyatanpasebab
makacaragurumengingatkannyaadalahdengansebuahnyanyianyaitu“tangan
muyangmungiljagalah-jagalahjangansampaimemukulyangsalahyangsalah
karenakaudiawasiolehAllahTa’alatanganmuyangmungiljagalah-jagalah”.dan
2).peran gurusebagaipendidikdalam meningkatkanmoralanakusiadiniadalah
bahwaanakterlahirsudahdalam keadaanbaik,sehinggadalam menerapkan
pembelajaran disekolah dengan direncanakan,dilaksanakan,dan dievaluasi
kemudiandituangkanndalamRPPH.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Umi Rohmah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Feb 2021 02:48 |
Last Modified: | 01 Feb 2021 04:36 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12815 |
Actions (login required)
View Item |