nilai-nilai pendidikan karakter dalam quran surat al nahl ayat 68-69

khatimah, alfim khusnul (2015) nilai-nilai pendidikan karakter dalam quran surat al nahl ayat 68-69. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ALFIM Upload etheses 2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Khusnul Khatimah, Alfim.2014.Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Quran Surat al-NahlAyat 68-69Skripsi.Program StudiPendidikan Agama Islam JurusanTarbiyahSekolahTinggi Agama Islam Negeri(STAIN) Ponorogo.Pembimbing (1)Dr. H. AB.Musyafa’ Fathoni, M.Pd.I(II)M. Harir Muzakki, M.H.I.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Surat al-Nahl ayat 68-69
Pendidikan karakter adalah suatu upaya yang berusaha menanamkan nilai-nilai karakter pada peserta didik, baik nilai yang mengandung pengetahuan, kesadaran diri maupun tindakan. Selanjutnya, peserta didik diharapkan dapat merealisasikan nilai-nilai tersebut melalui sikap, perasaan, perkataan dan perbuatannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan maupun bangsa. Karakter sendiri berasal dari bahasa Yunani charassein yang artinya mengukir, dan secara istilah karakter adalah sebuah pola baik itu pikiran, sikap maupun tindakan yang melekat pada diri seseorang dengan sangat kuat dan sulit dihilangkan.
Al-Nahl, lebah yang dijadikan nama surat ini patut menjadi bahan renungan. Hewan kecil ini mengisap sari tanaman dan kemudian diolah oleh tubuhnya lalu menghasilkan madu yang sangat berguna bagi manusia. Quran surat al-Nahlayat 68-69 mengisyaratkan kepada kita tentang kehidupan lebah yang sangat unik dan mengagumkan. Lebah adalah serangga mungil yang tidak mampu berpikir. Akan tetapi mereka mampu menyelesaikan sejumlah pekerjaan besar yang tak terbayangkan sebelumnya. Setiap pekerjaan tersebut membutuhkan perhitungan dan perencanaan khusus. Sungguh mengagumkan bahwa kecerdasan dan keahlian yang demikian ini ada pada setiap ekor lebah. Namun, yang lebih hebat lagi adalah ribuan lebah bekerjasama secara teratur dan terencana dalam rangka mencapai satu tujuan yang sama, dan mereka melaksanakan bagian pekerjaan mereka masing-masing secara penuh dan sungguh-sungguh tanpa kesalahan sedikitpun.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk Mendeskripsikan nilai- nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Quran surat al-Nahl ayat 68-69 (2) Untuk Menjelaskan relevansi nilai- nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Quran surat al-Nahl ayat 68-69 dengan kehidupan sekarang.
Dari hasilpenelitian yang dilakukanolehpenelitidenganjudul “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Quran Surat al-Nahl Ayat 68-69” dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Quran Surat al-Nahl Ayat 68-69 yaitu:Disiplin, Mandiri, Kreatif, Kerja Keras dan Tanggung Jawab. (2) Analisis tentang nilai-nilai pendidikan karakterdalam penelitian ini menyatakan bahwasannya terdapat kesesuaian antara nilai-nilai pendidikan karakter dalam Quran Surat al-Nahlayat 68-69 dengan kehidupan sekarang khususnya dalam nilai-nilai kedisiplinan, mandiri, kreatif, kerja keras dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Harir Muzakki
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mujiati
Date Deposited: 27 Jan 2021 04:58
Last Modified: 27 Jan 2021 04:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12814

Actions (login required)

View Item View Item